Sukses

Asupan Gula Pada Anak

16 Dec 2014, 10:50 WIB
Pria, 30 tahun.

Apakah ada pengaruh pemberian gula batu pada balita?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pemberian gula pada anak hendaknya memang dibatasi, karena gula memiliki beberapa efek samping pada tubuh seperti kegemukkan / obesitas dan kerusakkan gigi. Pasalnya, kalori yang tergantung di dalam gula termasuk tinggi, dan apabila tubuh tidak memerlukan kalori tersebut, maka tubuh pun akan menyimpannya dalam bentuk lemak. Keadaan akan diperburuk bila anak tidak aktif, sehingga tidak ada aktivitas fisik yang membantu anak untuk membuang kalori dan cadangan lemak tersebut. Apabila Anda memang memberikan gula dengan jumlah yang tidak terlalu banyak pada anak, pastikan Anda menyikat dan membersihkan giginya, agar tidak ada penumpukkan sisa gula di dalam rongga gigi yang dapat menyebabkan gigi berlubang di kemudian hari.

Perlu diketahui bahwa di dalam tubuh manusia, gula mengalami proses pemecahan yang membutuhkan B1 untuk mengubahnya menjadi kalori. Apabila terjadi gangguan keseimbangan vitamin di dalam tubuh, karena tidak seimbangnya asupan gula dan vitamin B1 yang dibutuhkan untuk mengolah gula tersebut, maka tubuh pun dapat berisiko mengalami gangguan sistim persarafan, yang menyebabkan anak mudah lelah, kurang konsentrasi, dan lain sebagainya.

Kami anjurkan Anda membatasi pemberian gula pada Anak mengingat beberapa fakta di atas. Berikan asupan nutrisi vitamin B1 yang banyak didapat pada kacang-kacangan apabila Anda memberikannya pada anak.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar