Sukses

Efek Minum Obat Jangka panjang

22 May 2015, 10:22 WIB
Pria, 45 tahun.

Setahun yg lalu (bulan Nov 2013) saya mengalami serangan jantung (dinyatakan infark miokard). Saya rutin kontrol pd bulan ke 1,2,3 dan bulan ke 6 setelah keluar dari RS. Selama 1 thn ini oleh dokter perkembangan kondisi jantung saya dinyatakan cukup baik. Saya dinyatakan tidak/ blm perlu pasang ring (stent) namun harus rutin mengkonsumsi 1 tablet obat Cardio Aspirin 100 mg (pagi hari stlah sarapan) & 1 tablet Simvastatin 10 mg menjelang tidur. Pertanyaan saya; apakah obat2 tsb dlm jangka panjang dpt mempengaruhi fungsi ginjal & hati? hasil test darah terakhir : HB 11,7; Gula darah (sewaktu) 112; kolesterol (total) 99; asam urat (agak tinggi) 8,1; tensi 85/120. Terima kasih sebelumnya Dokter.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Memang pada umumnya obat dapat memberikan efek samping, dan bila proses penghancurannnya di hati atau ginjal, maka dapat menyebabkan ganguan pada organ tersebut dalam jangka waktu lama.

Namun pertimbangan dokter anda memberikan obat tersebut adalah, perbandingan seberapa besar manfaat diberikan obat ketimbang efek sampingnya. Dan bahayanya bagi kesehatan anda apabila penyakit jantung anda tidak diobati. Oleh karena itu berdiskusilah lebih lanjut dengan doter anda mengenai anjuran terapi tersbut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar