Sukses

Sering Kejang

14 Apr 2015, 19:55 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok.. saya mempunyai kk ipar laki-laki usia 50th dan belum menikah.. kk ipar saya mempunyai riwayat penyakit asma dan gangguan pencernaan.dalam 1 hari bisa BAB sampai 6-7x.asma nya sudah lama tidak kambuh,tetapi jarak antara 2-3 minggu 1x dia sering kejang2 sekitar 15 menit setelah itu buang air kecil secara tidak sadar,dan sedikit linglung sekitar 20 menit.setelah itu normal seperti biasa,tetapi kk ipar saya tidak ingat yang sudah terjadi.mohon penjelasan nya dok.terimakasih..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Anda mengatakan bahwa setiap 2-3 minggu sekali, kakak ipar anda mengalami kejang. Kumpulan gejala berulang dari seizure yang terjadi dengan sendirinya tanpa dicetuskan oleh hal apapun disebut sebagai epilepsi (ayan).

Epilepsi adalah sebuah gangguan saraf kronik yang ditandai oleh kejadian kejang berulang akibat gangguan aktivitas listrik di otak.

Setiap kondisi yang menyebabkan gangguan pola normal aktivitas saraf dapat menyebabkan kejang. Epilepsi dapat timbul dari perkembangan sel saraf yang tidak normal, ketidakseimbangan senyawa kimia dalam otak, atau kombinasi keduanya. Namun tidak semua kejang dapat dikatakan sebagai epilepsi. Diagnosis epilepsi baru ditegakkan setelah dilakukan wawancara medis lengkap dan pemeriksaan EEG.

Terapi epilepsi sebaiknya dilakukan sedini mungkin setelah diagnosis epilepsi ditegakkan. Terapi pilihan untuk epilepsi adalah dengan pemberian obat antikejang. Jenis obat yang dipilih disesuaikan dengan jenis dan variasi kejangnya. Kebanyakan pasien hanya memerlukan satu jenis obat (monoterapi), meski masih terdapat beberapa yang memerlukan dua jenis obat antikonvulsan atau lebih.

Sebagai kesimpulan, orang dengan epilepsi dapat hidup secara normal. Yang terpenting adalah penderita epilepsi tersebut mengikuti terapi yang sudah ditentukan oleh dokter, hindari pencetus kejang (bila ada), makan makanan bergizi, olahraga teratur, dan hindari stres. 

Apakah selama ini kakak ipar anda telah memeriksakan diri kepada dokter? adakah pengobatan yang saat ini dijalaninya?

Jika belum, sebaiknya kakak ipar anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengontrol kondisi kejangnya, demikian juga dengan penyakit asma dan gangguan saluran cerna yang juga dialaminya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar