Sukses

Vaksin Untuk Dewasa

14 Jun 2015, 11:19 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok saya ibu dengan 1anak. Rencana saya mau nambah 1anak lagi tapi sebelumnya saya mau tanya vaksin MMR untuk dewasa apa itu perlu ya dok? Dan jarak waktu setelah vaksinMMR sampai boleh hamil itu brp lama? Apa aman ya dok klo saya melakukan vaksin ini dan bagaimana pada saat berhubungan seksual dengan suami setelah vaksin? Sebelumnya trimakadih dokter.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi KlikDokter.

Beberapa jenis imunisasi memang dapat diulang ketika dewasa, contoh adalah vaksin Hepatitis B, vaksin Influenza, dll. Tetapi memang tidak ada yang dapat menggantikan imunisasi dasar yang dilakukan ketika masih kecil.

Imunisasi yang dapat diberikan pada orang dewasa antara lain adalah: influenza, DPT, varicella, HPV, MMR, zoster, PCV, meningoccocal, HiB, hepatitis A dan B. 

Vaksin atau imunisasi yang wajib bagi orang dewasa sangat bergantung dari wilayah tempat tinggal Anda, kebiasaan Anda, kemana Anda akan bepergian, dsb.

Sebagai contoh nya jika Anda adalah seorang pekerja medis yang sering kontak dengan darah atau cairan tubuh manusia, ada baiknya Anda melakukan vaksin hepatitis B. Atau misalnya jika Anda akan bepergian naik haji, sebaiknya Anda melakukan vaksin meningitis karena Arab Saudi merupakan daerah endemis meningitis (daerah yang banyak penyakit meningitis). Lalu jika Anda sudah menikah atau aktif berhubungan seksual, ada baiknya Anda melakukan vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks.

Yang anda dapat lakukan sekarang untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda adalah makan makanan bergizi dan seimbang, istirahat teratur (6-8 jam sehari), banyak minum air putih, dan berolahragalah teratur. Intinya adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat akan secara otomatis meningkatkan daya tahan tubuh. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Imunisasi Selama Kehamilan

Keajaiban Imunisasi

Imunisasi pada Usia Lanjut

Imunisasi Untuk Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah

Vaksin HPV Mencegah Kanker Leher Rahim

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar