Sukses

Hamil Harus Mual Muntah?

20 May 2015, 20:43 WIB
Pria, 25 tahun.

Permisi dok mau tanya istri saya sedang hamil muda tpi kok gak merasakan mual ataupun muntah,, tapi yang dirasakan sering pusing kepala itu kenapa ya dok?dan misalnya sering kena angin malam itu berdampak tidak pada janinnya ,

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mual dan muntah yang terjadi pada kehamilan diakibatkan karena perubahan hormonal yang umumnya terjadi di awal kehamilan (minggu ke 6-8, puncak pda minggu ke 12-14, dan membaik pada minggu ke-22) sampai badan wanita tersebut beradaptasi dengan peningkatan produksi hormon. Mual dan muntah dapat terjadi sepanjang hari namun memburuk di pagi hari karena perut yang kosong atau jika ibu hamil tidak makan dalam porsi yang cukup. Mual dan muntah ini biasanya terjadi pada 80 – 85% kehamilan selama triwulan pertama, dengan gejala muntah yang mengganggu sebesar 52%.

Namun, mual dan muntah hanya salah satu dari gejala tidak pasti dari kehamilan, dan tidak harus selalu dirasakan oleh ibu hamil. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti lainnya yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  •  terlambat menstruasi

  • sering berkemih

  •  pembesaran dan nyeri payudara

  •  perasaan lelah

  •  daerah sekitar puting susu menghitam
  •  peningkatan suhu tubuh
  •  flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

  •  dsb

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Saat ini berdasarkan keterangan yang anda berikan, istri anda masih dalam kondisi yang wajar. Namun sebaiknya tetap  melakuakan pemeriksaan kehamilan untuk memantau perkembanagn janin dan kesehatan ibu dan calon bayi anda.

Untuk informasi lengkap Anda mengenai tanda dan pemeriksaan kehamilan, Kami sertakan artikel:
Tanda-tanda Kehamilan dan cara Memastikan Kehamilan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar