Sukses

Rasa Sesak Pada Dada

20 May 2015, 21:02 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok dada saya dulu pernah kebentur, dan sampai sekarang masih sakit dok, udah pernah saya periksa, katanya, cuma cidera otot dada, Skrg udah seminggu ne sakit dok, dan sakit ny skrg beda dok, biasanya perih, skrg nyesak dok, dan jga kayak perasaan cemas gtu dok,

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sesak nafas atau yang dalam istilah medis dikenal dengan dyspnoe merupakan perasaan yang dirasakan oleh seseorang mengenai ketidaknyamanan atau kesulitan dalam bernapas. Sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung) atau seringkali disebabkan oleh anemia (kekurangan darah).

Tanda-tanda dari sesak napas dapat berupa :

  • Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30x/menit; bayi>40x/menit)
  • Kebiruan pada sekitar bibir, ujung-ujung jari
  • Adanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok, mengi

Penyebab kegawatdaruratan karena sesak napas dapat berupa :

  • Asma : batuk, mengi 
  • Infeksi paru (pneumonia atau penyakit paru lain seperti tuberkulosis paru dan lain-lain) : batuk, panas, sesak napas
  • Alergi (pembengkakan pada tenggorok yang menyebabkan terjadinya sumbatan) : riwayat makan makanan yang menyebabkan alergi (seafood, kacang, telur, dll)
  • Sakit jantung (disertai nyeri dada)
  • Trauma dada (kecelakaan yang mengenai dada) : riwayat benturan keras di daerah dada, sesak napas, nyeri dada, ada kerusakan pada dada (patah tulang), perdarahan

Jika benar sesak yang anda rasakan akibat cedera dada sebelumnya, kami anjurkan anda melakuakan pemeriksaan kepada dokter pada instalasi medis yang memelijki fasilitas medis yang lengkap. Mungkin saja dibutuhkan pemeriksaan lanjut (seperti rontgen dada) untuk menemukan kelaianan yang terjadi.

Selain hal-hal tersebut yang telah kami sebutkan, perasaan sesak terkadang dapat dipicu oleh keadaan psikosomatis, yang dipengaruhi oleh stres seperti yang terjadi pada gangguan cemas dan juga serangan panik. Untuk memastikannya berkonsultasilah kembali kepada dokter anda.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar