Sukses

Cabut Gigi Anak Usia 4 tahun

15 Dec 2014, 22:36 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok anak saya umur 4 thn, sdh skitar 1bln in sering sakit gigi. Sdh bisa kah gigi nya di cabut dok??blm ad konsultasi ke drg krn dia gak mau di bawa ke rs. Tolong solusinya dok. Trims

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang anak Anda alami dan memahami kekhawatiran Anda. Perlu Anda ketahui bahwa penyakit gigi berlubang atau karies gigi disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk sehingga terjadi akumulasi plak yang mengandung berbagai macam bakteri. Akumulasi plak dan sisa makanan ini terutama makanan yang manis dan tidak hanya permen saja dirubah oleh bakteri menjadi asam yang merusak permukaan gigi dan menimbulkan gigi berlubang.

Pencabutan gigi merupakan suatu tindakan yang dilakukan bila perawatan lainnya sudah tidak dapat dijadikan terapi yang tepat guna mempertahankan gigi didalam rongga mulut, bila masih dapat ditambal atau dilakukan perawatan saluran akar maka gigi tidak akan dicabut, begitu pula pada kondisi anak Anda. Untuk memastikan perawatan yang tepat bagi anak Anda diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. 

Memang banyak ditemukan suatu keadaan dimana anak-anak sulit dibawa ke dokter gigi untuk melakukan perawatan, langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengajaknya untuk melihat-lihat dahulu dan tidak melakukan tindakan apapun, atau Anda juga dapat mengajak anak ketika Anda sedang melakukan perawatan gigi sambil mengenalkan sang dokter gigi kepada anak, agar anak dapat terbiasa dan mulai kenal dengan keadaan klinik gigi serta dokter gigi. Ketika anak sudah nyaman dengan keadaan klinik gigi atau dengan dokter gigi yang akan memeriksanya baru kemudian dapat dilakukan tindakan.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar