Sukses

Berat Badan Anak Usia 10 Bulan

20 May 2015, 17:56 WIB
Wanita, 25 tahun.

Bayi saya usia 10 bulan berat badannya baru 7,5 kg. Setiap bulan kenaikan berat badannya lebih kurang hanya 200 gr, tp tetap ceria & aktif. Normalkah?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.  Sayang sekali anda tidak menyertakan tinggi dan jenis kelamin anak anda. Berdasarkan WHO, tinggi badan pada anak perempuan usia 10 bulan berkisar antara 69-74cm (rata-rata 71,5cm ) dan berat badan berkisar antara 7,5-9,6 kg (8,5 kg). Sedangkan tinggi badan anak laki-laki usia 10 bulan antara 71-75,6 cm (rata-rata 73,3 cm ) dan berat badan berkisar antara 8,2-10,3 (rata-rata 9,2 kg).

Dari informasi yang Anda berikan, terlihat bahwa meskipun berat badan anak anda kurang namun anak anda tetap aktif. Bagaimanakah dengan perkembangannya?

Perlu diingat bahwa nafsu makan anak 'badut' (bawah dua tahun) umumnya mulai berkurang, tapi hal itu normal dialami. Namun, perilaku anak yang tidak mau makan bukan hanya berarti anak kehilangan selera makan. Yang mungkin terjadi adalah anak sedang menempatkan diri dalam diet pemeliharaan tubuh. Hal ini dikarenakan kenaikan berat badannya saat ini tidak secepat di bawah usia 1 tahun. Apabila anak ibu sangat doyan makan, kemungkinan yang terjadi malah anak ibu menjadi berlebihan berat badan atau obesitas. Namun, perlu diperhatikan agar anak tetap mendapatkan nutrisi yang mencukupi. Untuk itu, perlu dilakukan pengaturan pola makan anak.

Pemberian makan pada anak 'badut' (bawah dua tahun) adalah dengan waktu seperti bayi (usia kurang dari 1 tahun), yaitu setiap 3 jam.

  1. Sebaiknya susu hanya diberikan pagi dan malam sebelum tidur
  2. Pukul 9-10 pagi berikan buah/jus buah
  3. Siang hari berikan nasi lembek dengan sayur dan daging cincang, dan
  4. Sore hari berikan roti dengan jus buah atau nasi lembek.

Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak. Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak, ikan, daging merah, sayur-sayuran, dan buah-buahan, sehingga anak tidak bosan. Kurangilah makanan-makanan "jajanan" yang membuat kenyang tapi tapi tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik (empty calories) Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda. Selain itu, coba biarkan anak makan sendiri.miliki efek pada nafsu makan tapi membantu tubuh dalam menggunakan atau menyerap nutrien dari makanan. Karena itu, dengan mengembalikan keseimbangan vitamin dalam tubuh, nafsu makan dapat meningkat. Jika keseimbangan vitamin belum dapat dicapai dengan makanan yang sehari-hari dimakan, dapat dibantu dengan pemberian suplemen multivitamin. Seperti yang telah disebutkan di atas, multivitamin tersebut terutama harus mengandung kompleks vitamin B dan vitamin C, selain vitamin A, D, dll. Untuk anak di atas 1 tahun, multivitamin dalam sediaan sirup cukup diberikan 1 sendok sehari.

Pertambahan berat badan dapat terjadi apabila masukan atau input lebih besar dari keluaran atau output. Apabila anak Anda sangat aktif beraktifitas namun makannya kurang atau tidak adekuat, tentu saja kalori dari makanan akan terbakar seluruhnya untuk aktifitas sehingga berat badan anak Anda tidak akan bertambah.Pertumbuhan sangat dipengaruhi dengan faktor genetik dan lingkungan (nutrisi, hormonal, dan psikologis). Untuk melengkapi kebutuhan anak Anda akan gizi yang cukup dan sesuai dengan usianya, Anda dapat berkunjung ke halaman website kami di: jadwal makan bayi.

anda juga dapat melihat informasi selengkapanya mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak anda di    Rubrik Tumbuh dan Kembang Anak yang telah kami sediakan

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar