Sukses

Bahaya Masturbasi untuk Kesehatan

12 Dec 2014, 11:13 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok apakah masturbasi berbahaya buat kesehatan

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Onani atau masturbasi merupakan suatu perangsangan seksual pada alat kelamin yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Kebiasaan melakukan masturbasi bukanlah hal yang positif oleh karena itu kami tidak menganjurkan hal tersebut, terlebih jika dilakukan frekuensi yang sangat sering (hampir setiap hari).

Efek dari kebiasaan melakukan masturbasi lebih condong kepada masalah psikis dimana timbul pikiran terus-menerus;

  • untuk melakukan masturbasi, bisa juga dijadikan sebagai pelampiasan emosi

  • Terobsesi. Seperti orang yang terobsesi dengan makanan, maka orang yang terobsesi melakukan onani tidak bisa menghilangkan pikiran untuk melakukan onani dari pikirannya

  • timbul rasa malu. Dampaknya adalah menurunnya tingkat kepercayaan diri dan malu saat berada di lingkungan sosial. Dampak-dampak psikis seperti ini umumnya hanya dirasakan oleh orang yang melakukan masturbasi terlalu sering.

  • mengganggu hubungan intim dengan pasangan nantinya. karena terbiasa dengan kepuasan akan diri sendiri, sehingga tidak puas ketika berhubungan intim dengan pasangannya.

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menyatakan adanya gangguan kesehatan fisik akibat efek dari masturbasi yang dilakukan oleh perempuan. Masalah mungkin dapat timbul apabila masturbasi menggunakan alat-alat yang kotor dan tidak dibersihkan terlebih dahulu (termasuk memakai tangan yang tidak dicuci terlebih dahulu). Kemungkinan infeksi ada dan mungkin bisa terjadi perlukaan apabila tidak menggunakan alat dengan hati-hati.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan keinginan melakukan masturbasi adalah dengan melakukan hal-hal yang lebih positif seperti dengan berolah raga, melakukan hobi-hobi anda, berpuasa, beribadah, dll. Hindarilah hal-hal yang memicu anda untuk melakukan masturbasi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar