Sukses

Darah Coklat Saat Menstruasi

20 May 2015, 18:17 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok, kenapa ya tiap menstruasi saya yg keluar kadang bukan darah seperti darat tp kecoklatan warnanya, itu kenapa ya dok? bahaya ga buat rahim saya? terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Darah haid yang berwarna kecoklatan dan kehitaman merupakan darah haid yang mengandung sel darah yang lebih lama (bukan sel darah merah segar) karena tertahan di dalam rahim dan tidak segera dikeluarkan. Bila tidak ada keluhan lain (siklus haid memanjang, nyeri perut/ pinggang hebat, dll) maka Anda tidak perlu khawatir. Sebaliknya, bila terdapat keluhan lain yang menyertainya maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis Kandungan.

Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-8 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai siklus haid yang terkadang suka terlambat atau lebih cepat 3-7 hari karena lamanya siklus haid memang dapat berbeda-beda dan hal ini dipengaruhi oleh sistem hormon di dalam tubuh. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar