Sukses

Erosi Serviks, USG Payudara, dan Masturbasi Saat Haid

21 May 2015, 19:26 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok tanya,1.apa erosi servic krn iud bs jd kanker? 2.kapan wktu terbaik usg tumor payudara apa saat haid atau saat bersih haid? 3.saat haid tdk boleh berhubungan,kalau masturbasi(bermain miss v) dihari ke 7 dikira sudah bersih bahaya tidak?mhon penjelsan.terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan anda satu persatu.

1. Erosi Serviks

Erosi serviks merupakan temuan yang umum pada pemeriksaan ginekologis rutin pada perempuan usia subur. Erosi didefinisikan sebagai ausnya jaringan. Serviks terdiri  2 tipe sel, bagian luar oleh sel skuamosa dan bagian dalam oleh sel glandular yang mensekresi mukus. Ketika terjadi erosi lapisan sel skuamosa digantikan oleh sel epitel kolumnar dari bagian dalam serviks. Keadaan ini menyebabkan jaringan lebih mudah terinfeksi atau mengalami inflamsi.

Keadaan ini umumnya tidak menunjukkan gejala. Namun dapat ditemukan gejala berupa peningkatan sekresi mukus dari vagina atau perdarahan dari vagina. Penyebabnya umumnya tidak diketahui, namun dapat terjadi saat hamil, pasca melahirkan, atau penggunan kontrasepsi oral. Beberapa perempuan lahir dengan erosi serviks dan tidak menunjukkan gejala. Risiko terjadinya erosi meningkat dalam keadaan stress, infeksi vagina berulang, dan obesitas.

Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan pap smear untuk mendeteksi adanya abnormalitas jaringan. Bila ada kelainan yang didapatkan dari pemeriksaan pap smear akan dilakukan tindakan cone biopsy. Sedangkan bila hasil pap smear normal, dapat dilakukan tindakan operasi minor seperti cyrocauteterization atau electrocoagulation.

Sebagian besar erosi serviks terdapat pada perempuan yang tidak menunjukkan gejala, karena itu tidak memerlukan terapi khusus. Kelainan ini dapat sembuh sendiri tanpa terapi. Dibutuhkan waktu 3 bulan agar serviks dapat kembali normal. Namun, erosi dapat terjadi lagi. 

Sementara dalam proses penyembuhan, tidak dianjurkan berhubungan seksual dengan suami Anda, paling tidak hingga darah berhenti. Hal ini karena darah yang keluar dapat memperbesar resiko infeksi dan lama penyembuhan bertambah.

2. USG Payudara

Pada dasarnya anda dapat melakukaan pemeriksaan USG payudara baik pada saat menstruasi atau tidak. Diskusikanlah kembali hal ini kepada dokteryang menangani anda.

3. Masturbasi Saat Haid

Sebetulnya masturbasi tidak memiliki efek buruk jika dilakukan saat menstruasi, justru dapat mengurangi nyeri perut bagian bawah yang mungkin dirasakan. Namun, syaratnya adalah masturbasi dengan tidak memasukkan jari atau alat ke dalam lubang vagina karena tindakan ini justru dapat menyebabkan perlukaan dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya. Risiko ini akan semakin meningkat apabila masturbasi dilakukan dalam masa-masa haid, di mana leher rahim menjadi lebih terbuka dibandingkan saat-saat di luar masa haid, yang akan mempermudah penjalaran kuman ke dalam rahim.

Perlu diingat bahwa pada dasarnya masturbasi bukanlah suatu tindakan yang bijaksana. Apabila dilakukan terlalu sering masturbasi dapat menyebabkan perubahan pola tidur, stres, gangguan panik/kecemasan, lemas, kurangnya konsentrasi, dsb. Oleh sebab itu, jalan keluar yang terbaik adalah mengurangi atau bahkan menghindari tindakan masturbasi itu sendiri.

Pertama-tama seseorang yang ingin menghentikan kebiasaannya tersebut harus memiliki niat dari dalam dirinya untuk berhenti. Orang tersebut harus memiliki komitmen dan motivasi yang cukup kuat, karena godaan akan sering datang pada setiap kesempatan. Dan layaknya sebuah bangunan yang tidak dilandasi dengan pondasi yang kuat, usaha untuk menghentikan kebiasaan masturbasi pun akan mudah digoyahkan dan runtuh tanpa komitmen dan motivasi yang kuat.

Selanjutnya, cobalah untuk mengalihkan perhatian setiap kali rasa ingin melakukan masturbasi itu timbul. Salurkanlah hasrat tersebut ke kegiatan-kegiatan yang lebih positif seperti olahraga, bekerja, atau kegiatan lain yang disenangi. Tentunya akan lebih baik apabila memanfaatkan waktu luang yang ada untuk melakukan olahraga atau hobi yang lebih bermanfaat dibandingkan melakukan masturbasi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar