Sukses

Endometriosis Kambuh

21 May 2015, 20:18 WIB
Wanita, 41 tahun.

Sy sakit endometriosis sdh dioperasi dg laparascopy tp ada yg ga bs diambil di kandung kemih & sdh disuntik 2x spy ga berkembang lg trs setlh 1 th sy bs hamil jg tp setlh melahirkan sakit lg.solusinya apa ya dok?apa hrs setiap bln bergantung sm obat trs?thx

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Endometriosis adalah lapisan yang menyerupai endometrium yang tumbuh dan ditemukan di luar rahim serta berespon terhadap siklus menstruasi. Operasi memang merupakan salah satu pilihan di dalam tatalaksana endometriosis. Setelah operasi, umumnya anda akan bebas dari rasa nyeri. Operasi tidak menjamin endometriosis dapat sembuh sempurna, endometriosis dapat kambuh kembali. dalam kurun waktu tertentu Gejala atau kekambuhan umumnya kembali dalam waktu 1 tahun pada sekitar setengah wanita yang melakukan operasi. Kekambuhan akan tergantung dari keparahan penyakit. Semakin parah endometriosis yang anda miliki, maka akan semakin besar kemungkinannya untuk kambuh.

Pil KB atau kontrasepsi oral merupakan bagian dari terapi medikamentosa untuk menangani endometriosis. Hormon yang terdapat di dalam kontrasepsi oral membantu mengatur siklus menstruasi dan membantu mengurangi nyeri. Efek samping dari memakai pil KB adalah :

  • mual
  • nyeri tekan pada payudara
  • pertambahan berat badan
  • sakit kepala
  • perdarahan tidak teratur (umumnya menghilang setelah 3 bulan pemakaian)
  • meningkatkan tekanan darah (dapat kembali normal bila pil kombinasi dihentikan)
  • bekuan darah pada vena tungkai (3-4 kali pada pil KB dosis tinggi)
  • meningkatkan faktor risiko penyakit jantung dan risiko stroke (pada wanita usia > 35 tahun)

Namun sayangnya belum ada terapi yang menyembuhkan dan memastikan bahwa endometriosis tidak kambuh lagi dengan satu kali pengobatan. Oleh karena itu memang sebaiknya anda tetap menjalani terapi yang telah disarankan oleh dokter yang menangani anda saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar