Sukses

Melasma

11 Dec 2014, 16:09 WIB
Wanita, 23 tahun.

saya mengalami hiperpigmentasi pada dahi. Sejak saya remaja. sampai sekarang hitam didahi saya tidak hilang. Saya sering pake produk pencerah seperti pond's, garnier, dan wardah tapi tetap saja tidak bisa menghilangkan bagian hitam didahi saya. Apa ini yang namanya melasma? bagaimana cara menanggulanginya? katanya bisa pake hidroquinon untuk menghilangkannya. apa tidak berbahaya? Terima kasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Keluhan yang Anda alami bisa jadi merupakan melasma, bisa juga tidak. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung terlebih dahulu. Melasma ialah pigmentasi kulit yang berlebihan, tidak teratur dan berwarna coklat muda hingga kehitaman pada wajah. Bercak-bercak ini bisa muncul di semua bagian kulit yang tidak tertutup pakaian, namun yang paling sering terjadi di pipi, dahi, atas bibir, hidung, dan dagu . Melasma umumnya menyerang usia dewasa (sekitar usia 25-44 tahun) dengan kasus terbanyak pada wanita.

Terdapat beberapa penyebab dari melasma. Faktor-faktor yang ikut berkontribusi dalam terjadinya melasma adalah paparan ultraviolet, genetik, kehamilan, penggunaan kontrasepsi oral dan disfungsi endokrin atau terapi hormon. Kosmetika dan obat-obatan yang mengandung agen fototoksik juga bisa menyebabkan melasma. Pelepasan hormon yang menstimulasi melanosit akibat pengaruh stres, menguatkan dugaan jika melasma juga dipengaruhi stres. Tapi penyebab utama adalah sinar matahari. Paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet menstimulasi produksi sel-sel pigmen atau melanosit di kulit. Hal ini akan menyebabkan proses pembentukan melanin sehingga terjadi hiperpigmentasi.

Penanganan melasma perlu waktu lama dan tidak bisa instan. Lamanya pengobatan tergantung berat ringannya masalah yang timbul. Biasanya, hasil pengobatan mulai terlihat pada minggu ke-3 hingga ke-4 dan selanjutnya diperlukan sampai 10 minggu untuk penyembuhannya. Pengobatan melasma dapat dilakukan dengan pemberian obat-obat topikal yang berfungsi untuk menghambat pembentukan pigmen dan mengangkat melanin. Beberapa obat yang digunakan untuk menangani melasma, adalah: Hidrokuinon, Arbutin, Asam Azeleik, Ekstrak Hibiscus. Memang betul hidrokuinon digunakan untuk terapi melasma, namun terdapat batas maksimum penggunaan yang aman dan dapat ditoleransi. 

Kami menyarankan agar kakak Anda berkonsultasi dengan dokter kulit dan kelamin untuk keluhan ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini membantu. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar