Sukses

Tumor Menghimpit Saluran Empedu

22 May 2015, 07:25 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok sya mau tanya, mertua sya sedang sakit kata dokter ahli dalam ada msa tumor yg menghimpit saluran empedu yg harusnya bilirubbin keluar bersama pencernaan, karena terhimpit jd blik lagi ke darah. lalu dirujujk ke d. bedah. apa yg harus dilakukan dok? usia mertua sya 66 th. apakah harus di operasi atau bisa dngan obat? gejala yg skrang terlihat adalah mata jdi kuning dan seluruh badan gatal". knpa bisa gatal" ya dok ? tolong jawabannya dok. terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami rasa penjelasan yang dokter anda berikan sudah cukup jelas, bahwa terdapat tumor yang menghimpit salluran empedu sehingga terjadi gangguan pada fungsi pengeluarannya, yang berakibat pada gangguan sistem tubuh lain, seperti penumpukan cairan empedu. Kondisi ini dapat memberikan gejala seperti BAB warna dempul, Kulit tubuh KUning atau gatal-gatal akibat peningkatan bilirubain dalam darah.

Pada umumnya, dalam kondisi ini perlu dilakukan pengangkatan massa tumor yang menghimpit saluran empedu tersebut. Oleh karena itu dokter anda merujuk ibu anda kepada dokter spesialis bedah.

Kami sarankan anda untuk tetap mengikuti anjuran terapi yang telah diberikan oleh dokter anda sambil memantau perkembangan penyakit ibu anda tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar