Sukses

Anak Sulit Makan dan Minum Susu

22 May 2015, 08:08 WIB
Wanita, 31 tahun.

anak saya perempuan 1,5 tahun tidak mau makan dan minum susu,klo makan paling cuman 4 sendok,minum susu nya juga sedikit sekali, sekitar 400 ml sehari, bb nya sekarang masih stagnan di 8,8 kg,bagaimana y dr. supaya anak saya mau makn dan minum susu biar berat badannya bisa di booster,saya sudah coba vit penambah nafsu makan, mulai elkana cl,apislis, snbe plex, terakhir calostrum, tetapi tidak ada perubahan jg.......

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

sebaiknya diketahui dulu penyebab dari kurangnya nafsu makan anak Anda. Pada umumnya anak sulit makan dikarenakan berbagai macam faktor. Berawal dari anak mulai mandiri dan merasa berhak untuk mengatur selera makannya sampai adanya gangguan atau kelainan pola makan.

Perhatikan juga, apakah anak Anda sering sakit? Anak yang sering sakit umumnya memang berkurang selera makannya. Bila anak sering sakit, ada baiknya periksa ke dokter anak, sebab bisa jadi ada proses yang sifatnya kronis, atau bisa juga ada masalah lain yang belum diketahui, misalnya ada suatu infeksi.

Beberapa hal yang dapat Kami sarankan untuk membuat anak Anda mau makan diantaranya:

  1. Mengurangi camilan yang membuat anak kenyang
    Jangan biarkan anak terlalu sering memakan makanan kecil di luar makanan utama karena dapat menyebabkan anak kenyang.

  2. Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak
    Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda

  3. Berikan jadwal
    Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya

  4. Jangan cemas & khawatir
    Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi

  5. Beri pujian
    Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian

  6. Pantau asupan minum sebelum makan
    Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.

  7. Penuhi kebutuhan nutrisinya
    Di luar hal-hal tersebut, kekurangan asupan vitamin, khususnya kompleks vitamin B dan vitamin C, dapat mengakibatkan penurunan nafsu makan. Sebetulnya vitamin tidak memiliki efek pada nafsu makan tapi membantu tubuh dalam menggunakan atau menyerap nutrien dari makanan. Karena itu, dengan mengembalikan keseimbangan vitamin dalam tubuh, nafsu makan dapat meningkat.

Jika keseimbangan vitamin belum dapat dicapai dengan makanan yang sehari-hari dimakan, Anda dapat membantunya dengan memberikan suplemen multivitamin untuk anak. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir untuk memberikan suplemen multivitamin untuk anak Anda, jika Anda merasa bahwa asupan zat gizinya dinilai kurang dari makanan-makanan yang dikonsumsinya.

Namun, Anda perlu hati-hati dalam memberikan suplemen bagi bayi berusia dibawah 1 tahun. Gunakanlah suplemen multivitamin untuk anak dengan dosis yang disesuaikan untuk anak usia dibawah 1 tahun, bacalah petunjuk pemakaiannya. Anda tidak perlu menggunakan dua jenis suplemen jika kedua suplemen tersebut memiliki kandungan yang hampir sama. Karena itu, sebelum memberikan suplemen multivitamin untuk anak Anda, ada baiknya jika Anda membaca terlebih dahulu kandungannya dan cara pakainya.

Jika nafsu makan anak Anda sudah kembali, Anda dapat menghentikan penggunaan multivitamin karena kebutuhan vitamin anak Anda sudah cukup terpenuhi dari makanan yang dikonsumsinya sehari-hari. Kami sarankan untuk jenis vitamin yang tepat untuk anak coba konsultasikan dahulu dengan dokter spesialis anak.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar