Sukses

Pertumbuhan Gigi Anak

22 May 2015, 09:30 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dokter saya punya anak umur 7 tahun lebih 9bulan gigi aatas copot 2 sebelah kiri dan kanan udah 5 bulan kok blm tumbuh tumbuh iyah dok, pertanyaan saya gigi tersebut tumbuhnya sampek berapa lama dan makanan apa yg bisa mempercepat tumbuhnya gigi thanks

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Sebelumnya perlu kami tanyakan terlebih dulu, bagaimana riwayat gigi yang tanggal tersebut, apakah gigi tersebut goyang dengan sendirinya, atau goyang karena pernah jatuh dan terantuk, atau gigi tersebut mengalami karies?

Pada kondisi yang normal, gigi insisif (seri) depan sulung atas tanggal sekitar umur 6 tahun, dengan toleransi +/- 1 tahun. Maksudnya ada anak yang sudah tanggal tepat umur 6 thn, ada juga yang 5 thn atau 7 thn baru tumbuh. Umumnya tidak lama setelah gigi sulung tanggal, akan segera digantikan oleh benih gigi tetap penggantinya. Tentu saja waktu tumbuhnya gigi sulung tidak sama pada semua anak. Cepat/lambatnya pertumbuhan gisgi sulung tersebut dapat dipengaruhi oleh asupan nutrisi anak pada saat pembentukan benih gigi, atau nutrisi ibu saat hamil. Pola makan anak juga mempengaruhi, diet yang terlalu lunak  kurang memberi rangsangan bagi pertumbuhan gigi dan tulang.

Pada kondisi tertentu bisa saja gigi tetap agak membutuhkan waktu lebih lama untuk tumbuh, karena posisi benih gigi tetap pengganti masih jauh terbenam dalam tulang.

Ada juga kemungkinan benih gigi tetap pengganti memang tidak ada, sehingga tidak ada gigi tetap yang akan menggantikan gigi sulung setelah ia tanggal. Hal ini dapat dipastikan dengan pemeriksaan radiografis. Ada baiknya Anda berkonsultasi langsung pada dokter gigi spesialis gigi anak (drg. Sp.KGA) agar dapat dilakukan pemeriksaan visual secara langsung, dan pemeriksaan lain jika diperlukan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar