Sukses

Menderita IBS

22 May 2015, 09:44 WIB
Wanita, 31 tahun.

dok, suami saya menderita IBS. apakah sama dgn kejang usus besar? apa penyebabnya? adakah makanan yg perlu dihindari?adakah tips2 utk mengurangi rasa sakitnya dan bisakah disembuhkan dok?? mohon penjelasan, dan terimakasih banyak dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Suami anda menderita Irritable Bowel Syndrome (IBS) yang merupakan salah satu gangguan sistem pencernaa kronik yang hingga kini belum diketahui penyebabnya. Masalah kesehatan ini tidak dapat sembuh total namun dapat dikendalikan.

Selain dari obat-obatan yang diberikan oleh dokter, suami Anda juga perlu memperhatikan perubahan pola hidup dan pola diet. Berikut ini adalah tips-tips yang dapat kami berikan untuk membantu Anda mengatasi gejala-gejala yang timbul karena IBS:

1. Hindarilah makanan seperti: kol, brokoli, kembang kol dan kacang-kacangan yang dapat menyebabkan perut kembung dan banyak gas sehingga dapat memicu atau memperparah gejala IBS.

2. Perbanyak makanan berserat, agar dapat mengurangi gejala konstipasi. Namun hal ini juga perlu dilakukan secara bertahap karena jika dilakukan secara mendadak maka dapat memperburuk gejala IBS (kembung, banyak gas).

3. Perbanyak minum air putih setiap waktu dan hindarilah minuman bersoda yang dapat membuat perut kembung.

4. Makanlah makanan dalam jumlah yang sedikit/porsi lebih kecil dan secara perlahan agar tidak terjadi diare dan kram pada sistem pencernaan.

5. Perbanyak konsumsi makanan-makanan rendah lemak dan tinggi karbohidrat, seperti: pasta, nasi dan gandum.

6. Makanlah makanan seimbang gizi dan juga berolah raga.

7. Berhenti merokok.

8. Hindari stres, karena stres merupakan salah satu pemicu munculnya gejala-gejala IBS.

9. Buatlah catatan makanan yang dikonsumsi setiap hari, sehingga suami Anda dapat mengetahui makanan apa saja yang memicu gejala IBS Anda untuk muncul dan dapat dihindari.

10. Hindarilah bahan makanan yang dapat merangsang usus seperti: kafein, alkohol, susu dan produk-produk susu, makanan berlemak, makanan yang mengandung kadar gula tinggi, pemanis buatan.

11. Hindarilah kopi dan permen karet, karena mengandung kafein dan pemanis buatan yang tinggi. Demikian juga dengan permen-permen yang mengandung pemanis buatan sebaiknya dihindari.

Suami Anda perlu memperhatikan makanan apa saja, dan sumber stres apa saja yang dapat memicu timbulnya keluhannya. Dengan mengetahui hal-hal yang dapat memicu gejala-gejala IBS suami Anda, maka suami Anda dapat menghindarinya. Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter suami Anda mengenai obat-obat yang harus suami Anda konsumsi karena obat-obatan tersebut harus diberikan dalam pengawasan dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar