Sukses

Nyeri Pinggang Pasca Operasi Batu Ginjal

14 Apr 2015, 22:27 WIB
Pria, 31 tahun.

Bagaimana menghilangkan sakit pinggang akibat operasi batu ginjal

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terimakasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah saat ini Anda memiliki keluhan lain? Kapan Anda melakukan operasi batu ginjal?

Nyeri pinggang juga yang disebabkan oleh nyeri rujuk, misal pada batu ginjal memberikan gejala berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus. Bagaimana dengan Anda? 

Jika keluhan dirasakan sangat menganggu kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung kembali dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.

Kurangnya asupan cairan dan kurang aktivitas juga merupakan salah satu faktor penyebab terbentuknya batu kembali (tanpa melihat jenisnya), sehingga sangat disarankan untuk meningkatkan asupan cairan hingga 2-3 liter/hari dan melakukan aktivitas fisik rutin dan teratur. Namun bukan berarti jika Anda banyak minum air dapat secara pasti mencegah batu ginjal, karena pembentukan batu ginjal berdasarkan banyak faktor seperti yang salah satunya disebutkan di atas adalah pola makan. 

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

 

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar