Sukses

Mencegah dan Mengobati CVT

24 Apr 2015, 20:37 WIB
Wanita, 21 tahun.

Assalamualaikum, dokter maaf mengganggu. Sy membaca artikel berjudul "sering pusing, tengkuk kaku dan mudah lupa? yang ditulis oleh dr. Dianika Putri Puspitasari Anggota Redaksi Medis Klikdokter.com" dan berdasarkan ciri2 yang harus diwaspadai dari gejala Cerebral Venous Thrombosis (CVT) beberapa memang sy alami akhir2 ini. yang ingin sy tanyakan bagaimana mengobali atai mengembalikannya ke kondisi yg baik? bagaimana cara pencegahan atau pengobatannya? mohon saran dan rekomendasinya dok, sy harus bagaimana? terima kasih ines

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

CVT jarang ditemukan. Untuk mendiagnosis CVT diperlukan data riwayat keluhan yang lengkap, pemeriksaan fisis, dan pemeriksaan penunjang. Riwayat yang lengkap termasuk faktor risiko CVT seperti apakah terdapat riwayat trauma atau operasi, ada riwayat sinusitis, sedang hamil, konsumsi obat-obatan tertentu seperti kontrasepsi oral atau steroid, riwayat keluarga dengan penyakit jantung atau penyakit serupa, dll. Bagaimana dengan keluhan nyeri kepalanya, apakah sangat hebat, apa pencetusnya, menjalar atau tidak, dll. 

Pemeriksaan fisis dilakukan untuk melihat kemungkinan penyebab nyeri kepala, mencari/menyingkirkan defisit neurologis lain yang dapat disebabkan oleh keadaan tersebut. Bila ada indikasi, dapat dilakukan pemeriksaan penunjang laboratorium serta radiologis seperti CT-Scan atau MRI untuk memastikan diagnosis. 

Kemungkinan terjadinya CVT adalah dengan mengurangi faktor risiko yang dapat diubah, misalnya menghindari trauma pada kepala, mengobati sinusitis frontal sampai tuntas. 

Sulit bagi kami menentukan suatu diagnosis penyakit hanya melalui informasi yang sengat terbatas. Diperlukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika perlu untuk menegakkan diagnosis. Untuk memastikan apakah benar Anda menderita CVT, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi lebih lanjut dan mungkin memerlukan pemeriksaan penunjang seperti CT-scan kepala atau MRI.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat untuk Anda:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar