Sukses

Benjolan

09 Mar 2015, 14:00 WIB
Wanita, 53 tahun.

Assalamu'alaikum, dokter. Saya ingin tanya. Saya punya ibu, dia mengeluhkan benjolan yg ada di kepala bagian belakangnya yg katanya sudah dari 3 bulan yg lalu. Berhubung usianya sudah 53, saya sebagai anak khawatir dengan benjolannya. Ciri-cirinya ; - Benjolannya sebesar setengah biji kacang hijau. - Dipegang atau ditekan tidak sakit. - Di tengah benjolan berwarna merah seperti jerawat. - Disertai migran kiri. - Di geser-geser dapat berpindah jendolannya. Saya akan sangat berterima kasih jika dokter dapat menjawab pertanyaan saya.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya izinkan kami bertanya. Sejak kapan ibu Anda merasakan Ada benjolan? Apakah benjolan tersebut bertambah besar? Apakah dapat digerakkan? Apakah terdapat nyeri?

Benjolan pada kepala bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, dimulai dari infeksi kulit seperti bisul, atau mengarah ke perkembangan jaringan kepala berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar

  • Permukaannya: licin atau berbenjol

  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)

  • Bagaimana keadaan kulit  di atasnya

  • Apakah ada nyeri

  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya

Sayangnya informasi yang Anda sampaikan sangat terbatas. Benjolan yang sifatnya jinak biasanya lebih tenang, tidak cepat membesar; dapat digerakkan; teraba lunak; tidak menimbulkan rasa nyeri; permukaan benjolan teraba berbenjol-benjol. Sedangkan benjolan yang lebih berbahaya, memiliki kecurigaan ganas, biasanya bersifat lebih agresif, lebih cepat membesar; sulit untuk digerakkan; teraba keras; terasa nyeri; permukaan benjolan teraba halus/rata.

Jika keluhan sangat mengganggu, Kami sarankan agar Anda mengunjungi Dokter untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik mendetil serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan diagnosis. Dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal. 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (NO)

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar