Sukses

Pengobatan Glaukoma

19 May 2015, 13:08 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok, mau tanya, untuk pengobatan glaukoma yang herbal harus mengkonsumsi apa? apa tidak ada terapi untuk pengobatan glaukoma? terima kasih..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sayang sekali kami tidak dapat menyarankan tatalaksana berupa terapi alternatif kepada anda. Perlu diingat bahwa obat dengan kandungan yang tidak diketahui secara medis dan tidak terdaftar dalam BPPOM tidak dapat dijamin efek sampingnya terhadap kesehatan dan ditakutkan dapat memiliki efek samping buruk bagi tubuh. K

Untuk itu, kami akan membahas sedikit mengenai penyakit glaukoma. Glaukoma Adalah suatu kelainan pada mata yang ditandai oleh meningkatnya tekanan dalam bola mata (Tekanan Intra Okular = TIO) yang disertai pencekungan diskus optikus dan pengecilan lapang pandang. Penyakit ini disebabkan:

  • Bertambahnya produksi humor akueus (cairan mata) oleh badan siliar
  • Berkurangnya pengeluaran humor akueus (cairan mata) di daerah sudut bilik mata atau di celah pupil.

Terdapat beberapa pembagian glaukoma antara lain :

  1. glaukoma sudut terbuka (glaukoma kronis)
  2. glaukoma sudut tertutup (glaukoma akut)

Tipe glaukoma manakah yang dialami oleh Ibu Anda?

Untuk mengatasi glaukoma umumnya dapat diberikan Terapi obat-obatan. Terapi ini tidak diberikan pada kasus yang sudah lanjut. Terapi awal yang diberikan adalah penyekat beta (timolol, betaxolol, levobunolol, carteolol, dan metipranolol) atau simpatomimetik (adrenalin dan depriverin). Untuk mencegah efek samping obat diberikan dengan dosis terendah dan frekuensi pemberiannya tidak boleh terlalu sering. Miotikum (pilocarpine dan carbachol) meski merupakan antiglaukoma yang baik tidak boleh digunakan karena efek sampingnya.

Jika pengobatan belum efektif maka dapat dilakukan peningkatan konsentrasi obat, mengganti jenis obat atau menambah dengan obat lain.

  • Terapi bedah
    • Trabekuloplasti jika TIO tetap tidak bisa terkontrol dengan pengobatan medikamentosa yang maksimal.
    • Trabekulotomi (bedah drainase) jika trabekuloplasti gagal, atau kontraindikasi dengan trabekuloplasti atau diperlukan TIO yang lebih rendah lagi.

Kami sarankan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter Mata Anda untuk mengetahui pilihan terapi yang tepat sesuai dengan kondisi yang dialami Ibu Anda saatn ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar