Sukses

Kemungkinan Hamil di Usia 44 Tahun
10 Dec 2014, 20:53 WIB
Wanita, 44 tahun.

Saya ingin menanyakan peluang saya masih bisa hamil di usia lebih 44 tahun. Saya lahir 29/9/1970. Sampai skrg blm mempunyai anak. Siklus haid teratur selama 4 hari dalam 28 hari. Usia suami saya 49 tahun. Dari hasil pemeriksaan dokter, sperma suami kurang bagus (hasil lab). Tolong penejlasannya ya... Trimakasih.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Wanita usia berapapun selama masih mengalami menstruasi dan belum memasuki masa menopause masih dapat hamil. Namun, hamil di atas usia 40 tahun dapat meingkatkan risiko penyakit dan kelainan bagi janin maupun ibu.

Usia terbaik untuk melahirkan adalah di bawah 40 tahun. Semakin tua usia maka semakin tinggi risiko bagi ibu maupun janin, diantaranya:

  • Fertilitas/kesuburan menurun, semakin tua usia semakin sulit untuk hamil.

  • Risiko keguguran tinggi

  • Kelainan genetik: semakin tua usia, kualitas sel telu semakin berkurang dan risiko kelainan genetik seperti cacat bawaan meningkat. Kelainan tersering pada bayi adalah Down Syndrome.

  • Risiko penyakit meningkat selama kehamilan: diabetes, hipertensi, preeklampsia/eklampsia, sampai kematian.

  • Masalah selama melahirkan: wanita usia tua biasanya mengalami pemanjangan waktu melahirkan dan berisiko menyebabkan fetal distress.

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan jika Anda berencana untuk hamil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar