Sukses

Pengobatan Hepatitis

19 May 2015, 23:08 WIB
Wanita, 23 tahun.

assalmu'alakum dok, mf mau tanya mertua saya sekarang sedang sakit, menurut diagnosa dr, katanya beliau mengidap penyakit hepatitis, keluhan yg sekarang terasa adalah gatal" seluruh badan dan tanpa henti yg membuat sulit untuk tidur,bola mata dan kulit sudah menguning, air seni berwarna kecoklatan, dan mudah lelah. pertanyaannya adalah beliau mengidap hepatitis apa dok? bahaya kah? bagaimana cara mengobatinya, apakah obat herbal bagus untuk mengobati? terimakasih :)

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Hepatitis adalah penyakit gangguan fungsi hati yang disebabkan karena virus Hepatitis. Virus Hepatitis yang paling banyak menyerang manusia adalah virus Hepatitis A, virus Hepatitis B, dan virus Hepatitis C. Gejala pun dapat bermacam-macam tergantung jenis gangguan hati yang dialami. Gejala hepatitis pada umumnya adalah:

  • Perut begah

  • Mata kuning

  • Mual/muntah

  • badan lemas/cepat lelah

  • nyeri di daerah ulu hati

  • Perubahan pada buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK)

Jenis pengobatan yang akan dilakukan tergantung kepada jenis gangguan hati yang diderita. Salah satu cara untuk melihat fungsi hati adalah dengan pemeriksaan SGOT dan SGPT. SGPT dan SGOT merupakan enzim-enzim pada hati yang akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh jika hati mengalami kerusakan. 

Liver atau hati adalah organ tubuh yang penting untuk menetralisir racun dari makanan atau minuman. Oleh karena itu, pada gangguan fungsi hati, hindarilah makanan yang tidak alami atau banyak mengandung bahan pengawet atau pewarna dan perbanyak asupan nutrisi yang bergizi dan seimbang. Hindari juga konsumsi obat selain dari dokter, seperti jamu-jamuan, obat herbal, obat warung, dan lain-lain.

Sejauh ini pengobatan alternatif untuk hepatitis belum dapat dibuktikan secara medis. Alih-alih menyembuhkan, dikhawatirkan penggunaan sembarang obat/herbal dapat memperburuk penyakitnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar