Sukses

Menstruasi = Darah Kotor?

19 May 2015, 22:56 WIB
Wanita, 20 tahun.

Assalamualaikum. Selamat siang, dok. Menyangkut pertanyaan saya sebelumnya dimana labia minora saya robek (luka). Saya sudah berkonsultasi langsung dgn Dokter. Dia hanya mengatakan "infeksi dan luka sudah mulai merapat" saya hanya diberi antibiotik, obat demam (karena badan saya saat itu hangat, mungkin efek trauma pada luka dialat vital) Lincomycin 500mg Lameson - 4methylprednisolone FASGO Paracetamol 500mg Diatas tersebut nama resep yg diberikan. Baru tadi pagi saya "datang bulan" (menstruasi), ketakutan saya jika bakteri atau kotoran dari darah menstruasi saya terkontaminasi dengan luka. Bagaimana pendapat dokter, apakah darah kotor akan terkontaminasi dgn luka? Jika iya, tindakan apa yg harus saya lakukan agar vagina saya tidak ada gangguan? Terimakasih, dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Darah haid, bukanlah darah yang mengandung kuman seperti yang anda duga. Darah haid merupakan hasil dari peluruhan dinding rahim yang sebelumnya menebal guna persiapan jika terjadi kehamilan. Disaat  sel telur wanita tidak dibuahi, maka akan secara ototmastis dinding rahim yang menebal tersebut meulurh dan keluar sebagai darah haid.

Namun memang, darah merupakan suatu media yang baik untuk tumbuh kembang kuman. Oleh karena itu, jika darah dibiarkan lama dilingkungan luar, maka akan mudah untuk tumbuh bakteri atau kuman.

Oleh karena itu yang dapat anda lakuakan untuk mecegah tumbuhnya kuman, sebaiknya eajinlah mengganti pembalut anda selama menstruasi, dan jagalah kondisi vagina agar tetap bersih. Pada luka terbuka, untuk mendapatkan hasil dan waktu penyembuhan yang optimal memang sebaiknya dijaga untuk selalu dalam kondisi kering dan bersih.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar