Sukses

Sakit Pada Geraham Bungsu

13 May 2015, 20:44 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok mau tanya tentang gigi. Kemaren saya ke dokter gigi untuk periksa gigi terutama gigi geraham bungsu. Keluhan saya, akhir2 ini gigi geraham bungsu kiri saya yg bawah suka linu kalau dipake mengunyah dan makanan suka nyangkut juga di gigi geraham atas saya. Saran dokter adalah mencabut gigi tersebut. sebagai informasi setahunan yg lalu gigi geraham bungsu kanan saya (atas-bawah) telah dicabut juga karena bermasalah. Yang ingin saya tanyakan: 1. Apakah gigi geraham bungsu saya benar2 harus dicabut? 2. kalau mmg d cabut, nantinya saya sama skali tdk punya gigi geraham bungsu. Apakah gigi lain dapt menggeser ke belakang? 3. Operasi gigi saya direncanakan minggu ini, tetapi dokter meminta saya untuk minum cevixine 200 mg dan ranitidine 200 mg sehari sebelum operasi, ketika saya akan membeli obat tersebut (pakai resep)apoteker menyarankan saya untuk menanyakan lebih lanjut kebutuhan obat dan peruntukkan obat saya ke dokter gigi saya. Apakah sebahaya itu obatnya?dan apakah memang diperlukan minum obat terlebih dahulu? Terima kasih sebelumnya dok, saya tunggu jawaban dokter secepatnya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sangat banyak kasus-kasus gigi molar tiga tumbuh bermasalah seperti terhalang tulang (impaksi) atau tumbuh dengan posisi yang tidak benar seperti miring dan lainnya. Pada sebagian besar kelainan dan seperti pada kasus yang Anda alami, pertumbuhannya menyebabkan timbul rasa sakit luar biasa hingga tidak dapat membuka mulut, atau ada juga yang tidak timbul keluhan sama sekali. Terdapat juga gigi molar 3  yang hanya tumbuh sebagian sehingga gusinya juga terbuka sebagian dan membentuk celah. Adanya celah ini menyebabkan makanan mudah terjebak dan sulit  dibersihkan hingga seringkali gusi di daerah mahkota gigi yang baru tumbuh sebagian tersebut bengkak dan sakit sekali.

Menurut suatu penelitian, sekitar 25-70 persen gigi molar 3 tanpa gejala yang dipertahankan, akhirnya tetap harus dicabut dikemudian hari. Dari penelitian lain menyatakan gigi molar tiga yang dicabut tidak akan menimbulkan masalah dan pasien akan tetap memiliki fungsi pengunyahan yang normal. Walaupun persentase kejadiannya rendah, kista atau tumor dapat tumbuh di sekitar gigi molar tiga yang terbenam dalam gusi dan tulang yang tidak diambil. Oleh karena itu pertimbangan pencabutan gigi molar tiga yang tidak disertai gejala apapun terkadang didasarkan atas pertimbangan pencegahan. Meski demikian operasi pencegahan ini belum menjadi kesepakatan secara umum di kalangan ahli bedah mulut.

Sebaiknya Anda periksakan keadaan ini ke dokter gigi, agar segera dapat dilakukan perawatan yang diperlukan. Konsultasi dapat Anda lakukan dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis bedah mulut (SpBM). Dan perlu Anda ketahui bahwa rasa sakit memang dapat diredakan dengan minum obat pereda nyeri tapi tidak dapat menghilangkan penyebabnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar