Sukses

Gangguan Ereksi Akibat Obat

26 Dec 2014, 09:50 WIB
Pria, 64 tahun.

dok, saya sudah 10 tahun sering minum obat tahan/anti nyeri syaraf, setelah membaca banyak rubrik di klikdokter.com, ternyata berdampak pada disfungsi ereksi. bagaimana cara mengembalikan agar dapat ereksi kembali. mohon saran, tks.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Disfungsi ereksi (DE) merupakan salah satu jenis gangguan seksual pada pria. Secara definisi DE adalah kurangnya kemampuan mempertahankan proses ereksi untuk melakukan aktivitas seksual dengan baik. Pada dasarnya disfungsi ereksi terbagi dalam dua faktor penyebab, psikis dan organis. Salah satu penyebab organis adalah kelainan persarafan.

Kerusakan saraf yang menuju dan meninggalkan penis juga bisa menyebabkan impotensi. Kerusakan saraf ini dapat terjadi akibat:

  • Cedera Diabetes melitus
  • Sklerosis multiple
  • Stroke
  • Obat-obatan
  • Alkohol
  • Penyakit tulang belakang bagian bawah
  • Pembedahan rektum atau prostat.

Untuk melakukan pengobatan diharuslah terlebih dahulu dipastikan apa penyebabnya. Pada kasus disfungsi ereksi (DE) karena gangguan organis (gangguan fisik/anatomis), terapi yang dilakukan umumnya adalah pembedahan atau obat-obatan. Jika Anda menduga DE yang terjadi pada Anda adalah akibat penggunaan obat anti nyeri, sebaiknya hentikan dulu penggunaannya atau berkonsultasi dengan dokter bila obat tersebut memang dari resep dokter.

Cara terbaik untuk menambah kekuatan ereksi yang sehat dan alami adalah dengan memperbaiki pola hidup Anda agar lebih sehat, karena gaya hidup yang sehat akan menyehatkan kehidupan seksual Anda. Yang dapat Anda lakukan antara lain makan-makanan yang sehat, teratur dan bergizi seimbang, tidak merokok, tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang, tidak mengkonsumsi alkohol, istirahat yang cukup serta rutin berolahraga. Nutrisi yang dapat membantu mengatasi gangguan ereksi Anda adalah zinc dan kalsium. Jangan minum sembarang obat kuat tanpa pengawasan dokter guna menghindari efek samping yang dapat merugikan kesehatan tubuh. Memang terdapat obat tertentu(yang bekerja meningkatkan nitric oxide (NO) yang dapat membuka dan merelaksasi pembuluh darah di penis sehingga membantu agar Anda tetap bisa ereksi) yang digunakan untuk mengatasi disfungsi ereksi, namun penggunaannya harus berada di bawah pengawasan serta dengan rekomendasi dokter.

Salah satu olah raga yang dapat Anda lakukan adalah senam kegel untuk pria. Senam kegel dapat membantu memperkuat otot panggul Anda dan meningkatkan kemampuan mengontrol ereksi dan mengatasi ejakulasi dini. Jika Anda memiliki masalah dalam memulai atau mempertahankan ketegangan penis Anda atau kendala lain dalam melakukan hubungan seksual, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi  atau dokter kebidanan dan kandungan untuk mengkonsultasikan hal-hal tersebut. 

Berikut artikel terkait:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar