Sukses

Cairan Di Paru-paru

04 Apr 2015, 21:42 WIB
Pria, 20 tahun.

satu tahun yang lalu saya di diagnosa oleh dokter spesialis paru bahwa paru paru kiri saya ada cairan, setelah di sedot,cairan itu sekitar 2 liter lebih sedikit.. saya telah menjalani pengobatan selama 6 bulan,, yang mau saya tanyakan kok sampek sekarang terkadang masih nyeri paru sebelah kiri saya,dan itu apa termasuk tbc? soal nya saya mau daftar tentara.. terima kasih atas perhatian dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kemungkinan cairan yang terdapat di paru-paru Anda dalam istilah medis dikenal sebagai Efusi Pleura. Efusi pleura menandakan adanya cairan pada selaput pembungkus paru atau pleura Anda.  Cairan di selaput pembungkus paru dapat disebabkan oleh adanya infeksi pada paru-paru seperti TBC ataupun infeksi bakteri, jamur lainnya, selain itu adanya cairan di selaput pembungkus paru dapat disebabkan oleh kanker. Bila memang disebabkan oleh infeksi TBC maka penyakit tersebut menular. Jadi perlu diketahui dahulu penyebab cairan tersebut apa. 

Untuk mengetahui secara pasti mengenai penyebab cairan di paru-paru, dibutuhkan pemeriksaan fisik dan penunjang yang menyeluruh.  Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut ke Dokter Spesialis Paru atau Penyakit Dalam atau mengunjungi rumah sakit rujukan yang telah diberikan oleh dokter yang menangani sebelumnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar