Sukses

Hernia Pada Anak

12 Apr 2015, 22:33 WIB
Pria, 30 tahun.

dok anak saya berumur 2tahun,kena penyakit hernia pada selangkangan di sekitar kemaluan,apakah aman untuk di operasi?krn anak saya takut sekali sama dokter (nangis terus),saya takut ketika sudah di operasi akan kambuh lagi.mhon infonya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Pada hernia yang terjadi pada anak-anak, jaringan yang dapat menonjol mengalami penonjolan hanya saat terdapat tekanan fisik atau mengedan. Umumnya, Anda dapat melihat tonjolan yang jelas saat anak Anda menangis, batuk, atau mengedan. dan seringkali menghilang kemudian.

Hernia pada anak merupakan kelainan bawaan yang disebabkan oleh kegagalan penutupan prosesus vaginalis di lipat paha sehingga menimbulkan celah/lubang, hal ini menyebabkan organ perut seperti usus bisa masuk melalui lubang tersebut dan menyebabkan munculnya benjolan di selangkangan atau skrotum (pada laki-laki) dan labia/bibir vagina (pada perempuan).

Hernia yang masih bisa keluar masuk/hilang timbul disebut hernia irreponibilis, hernia ini tidak berbahaya. Namun jika dibiarkan dapat membuat hernia tidak dapat masuk kembali sehingga usus terjepit. Usus yang terjepit ini bisa menyebabkan aliran darah berkurang dan membuat jaringan usus kekurangan suplai oksigen dan dapat mengalami kematian jaringan. Kondisi ini disebut sebagai hernia strangulata.

Pada beberapa kondisi, hernia dapat menutup dengan sendirinya namun dapat juga menetap. Coba konsultasikan kembali masalah anak Anda pada dokter yang sebelumnya telah memeriksa Anda Anda. Jika tidak menutup setelah usia 3 bulan-2 tahun maka perlu dilakukan tindakan operasi dan kemungkinan untuk kambuh sangatlah kecil jika sudah dilakukan operasi. Terapi utama hernia adalah dengan operasi/pembedahan yang bertujuan menutup celah agar usus tidak dapat keluar lagi melalui celah tersebut. Tindakan ini disebut sebagai hernioraphy.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar