Sukses

Haid Tidak Teratur Setelah Berhenti KB

18 May 2015, 07:51 WIB
Wanita, 27 tahun.

Sya slma ini pakai Kb suntik 3bln slma 2th dan skrg sdh dilepas selama 9bln ini. Dpt haid pertama stlh lpas Kb tgl 18-23okt kmudian dpt lg tgl 3-6nop tp skrg blm dpt haid lg dok dan sy tes pke tespack hasilny negatif. Apa ini krn hormonnya blm stabil, perlu cek kedokter apa ga?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kembalinya kesuburan yang ditandai dengan teraturnya siklus menstruasi setelah berhenti KB suntik memang memerlukan waktu yang bervariasi. Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan.

Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Apabila saat ini Anda masih berada dalam waktu 6-12 bulan pasca pemakaian suntikan KB dihentikan, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun apabila sudah melewati jangka waktu 6-12 bulan, siklus haid Anda belum kembali normal juga, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar