Sukses

Benjolan Di Selangkangan

18 May 2015, 07:53 WIB
Pria, 59 tahun.

Dokter, di Pantat saya dekat selangkangan bagian belakang kl dua minggu ini terdapat benjolan, terasamya waktu cebok. Tidak sakit. kenyal, tapi klo habis bersepeda terasa keras, kemudian setengah hari melunak kembali. Namun belakang ini delangkangan sampai ke dekat pinggang dan paha pegal2. seolah mau bisulan. Apakah benjolan tersebut Tumor

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pertama perlu anda ketahui bahwa benjolan di selangkangan bisa diakibatkan oleh banyak penyebab.

Sulit bagi kami untuk mendiagnosis sebuah benjolan tanpa melakukan pemeriksaan fisik karena kami membutuhkan informasi seperti letak tepatnya, besarnya benjolan, permukaannya, apakah sewarna kulit, apakah dapat digerakkan atau tidak, sudah berapa lama, apakah semakin membesar, dll. Informasi tersebut diperlukan karena sebuah benjolan dapat disebabkan oleh banyak hal.

Di daerah selangkangan, benjolan paling sering disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening. Namun, benjolan juga dapat disebabkan karena hal lain seperti kista atau bisul baik kecil atau besar. Pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh beberapa hal, penyebab tersering adalah adanya infeksi pada area genitalia, contohnya infeksi saluran kemih, infeksi menular seksual. Pembesaran kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh limfoma (kanker kelenajar getah bening). Apabila penyebabnya adalah infeksi maka seiring dengan infeksi tersebut menyembuh, kelenjar getah bening akan mengecil dengan sendirinya. Terapi akan tergantung dari penyebabnya.

Untuk itu, kami harapkan Anda memeriksakan diri kembali ke dokter untuk pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan. Setelah diagnosis ditentukan maka Anda dapat mendiskusikan pilihan penanganan yang ada dengan dokter Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar