Sukses

Benjolan Di Kepala

18 May 2015, 07:58 WIB
Pria, 1 tahun.

Selamat malam,anak saya ada benjolan kecil di kepala lunak bila di pegang dan bisa gerak,dan bila di pegang tidak merasakan sakit,, Pertanyaanya?? Apakah ini bahaya,, Apakah bisa di obati.. Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sebelumnya izinkan kami bertanya. Sejak kapan Anda merasakan Ada benjolan? Apakah benjolan tersebut bertambah besar? Dimana letak persisnya benjolan tersebut teraba?

Benjolan pada kepala  bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, dimulai dari infeksi kulit seperti bisul, pembesaran kelenjar getah bening, atau mengarah ke perkembangan jaringan kepala berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar

  • Permukaannya: licin atau berbenjol

  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)

  • Bagaimana keadaan kulit  di atasnya

  • Apakah ada nyeri

Sayangnya informasi yang Anda sampaikan sangat terbatas. Benjolan yang sifatnya jinak biasanya lebih tenang, tidak cepat membesar; dapat digerakkan; teraba lunak; tidak menimbulkan rasa nyeri; permukaan benjolan teraba berbenjol-benjol. Sedangkan benjolan yang lebih berbahaya, memiliki kecurigaan ganas, biasanya bersifat lebih agresif, lebih cepat membesar; sulit untuk digerakkan; teraba keras; terasa nyeri; permukaan benjolan teraba halus/rata.

Jika keluhan sangat mengganggu, Kami sarankan agar Anda mengunjungi Dokter untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik mendetil serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan diagnosis. Dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar