Sukses

Obat Sariawan saat hamil

12 Mar 2015, 08:58 WIB
Pria, 20 tahun.

Selamat malam Team Klikdokter.com Saya mau nanya saya punya kakak perempuan lagi hamil, dia sedang menderita sariawan tapi dia takut minum obat sariawan sembarangan karena takut kenapa" dengan kandungannya. Minta tolong buat teman" klikdokter.com untuk resep obat yg cocok utk kakak saya, karena dia sangat terganggu dgn sariawannya.. Trima kasih atas perhatiannya, Selamat malam, Salam sehat

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Sariawan pada saat hamil dapat disebabkan adanya perubahan hormonal atau menurunnya imunitas tubuh. Secara umum, sariawan bisa juga mengindikasikan kekurangan asupan asam folat dan vitamin B12, infeksi mikroorganisma, serta kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Sariawan sebetulnya dapat sembuh sendiri. Obat-obat diberikan sesuai dengan tingkat keparahan lesinya. Untuk kasus ringan tidak perlu diobati, cukup menjaga kebersihan rongga mulut dengan berkumur. Ada obat salep untuk melindungi lesi dari gesekan dalam rongga mulut. Selain itu ada salep yang berisi anestesi topikal untuk mengurangi rasa perih. 

Untuk obat sariawan yang aman untuk ibu hamil perlu diresepkan secara langsung oleh dokter gigi dan mulut. Karena itu, kami menyarankan agar kerabat Anda memeriksakan sariawannya ke dokter gigi dan mulut setempat untuk menentukan perlunya diberikan pengobatan atau tidak. Sementara itu, jagalah kebersihan gigi dan mulut serta lanjutkan konsumsi vitamin prenatal yang diberikan oleh bidan atau dokter kebidanan/kandungan kerabat Anda.

Anda dapat membaca informasi lebih lanjut mengenai sariawan dalam artikel yang telah kami sediakan : Sariawan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar