Sukses

Warna Darah Haid Berubah

12 Apr 2015, 23:27 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok.. saya mau tanya.. bln kmren saya haid pertama darah nya warna pink kya air ga ada lembaran darah nya.. tp hari ke 2 ke 3 baru ada lembaram darah merah nya.. Itu kenapa ya dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai darah haid. Darah haid terdiri dari 3 komponen yaitu cairan darah, lendir, dan jaringan dinding rahim (endometrium). Warna darah haid tidak selalu merah segar, tetapi bisa berwarna agak kecoklatan atau kehitaman. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan asam/basa dan cairan vagina.

Darah haid akan berwarna merah segar jika komposisi darah lebih banyak, warna kecoklatan jika lendir lebih banyak, dan warna kehitaman jika jaringan yang lebih banyak. Jumlah darah haid dan komponennya pun bisa berubah, tergantung kondisi perempuan saat mengalami haid. Wanita dengan anemia atau kadar hemoglobin rendah biasanya warna darah haid lebih gelap sampai kehitaman.

Yang terpenting untuk diperhatikan bukanlah warna darah, tapi siklus menstruasi, durasi, dan volume perdarahan. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, selama 2-8 hari, dan volume darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari (1-6 pembalut per hari). Jadi Anda tidak perlu khawatir jika siklus menstruasi, durasi, dan volume perdarahan masih dalam batas normal.

Berikut adalah artikel terkait pertanyaan Anda:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar