Sukses

Peningkatan Fungsi Hati

11 Dec 2014, 13:10 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok, nama aku arta , aku mau nanya dok aku sempat melakukan general medical cek up sekitar dua bulan yang lalu, kata dokter dalam cek lab ku, fungsi hati ku tinggi dilihat dari hasil SGOT - SGPT aku yang tinggi sekitar 300san . kira - kira apa penebabnya dok, dan apa akibatnya untuk kedepannya. tolong dijelaskan ya dok. terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Hasil pemeriksan enzim hati SGOT/SGPT dapat memberikan banyak makna. Untuk menginterpretasi hasil pemeriksaan laboratorium ini diperlukan nilai normal atau standar dari laboratorium tempat Anda diperiksa dan juga keterangan hasil pemeriksaan fisik.

SGPT dan SGOT merupakan enzim-enzim pada hati yang akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh jika hati mengalami kerusakan baik kerusakan fungsi hati secara akut maupun kronis.  Lebih lanjut kami akan mencoba menjelaskannya satu persatu: 

  •  SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Transaminase): merupakan  suatu enzim yang terdapat di dalam sel hati. Ketika sel hati mengalami kerusakan, akan terjadi pengeluaran enzim SGPT dari dalam sel hati ke sirkulasi darah dan akan terukur melalui pemeriksaan laboratorium.

  • SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) : seperti halnya SGPT, SGOT merupakan enzim hati yang terdapat di dalam sel parenkim hati. SGOT akan meningkat kadanya di dalam darah jika terdapat kerusakan sel hati. Namun SGOT tidak spesifik hanya terdapat di dalam hati. SGOT juga dapat ditemukan di sel darah, sel jantung dan sel otot, karena itu peningkatan SGOT tidak selalu menunjukkan adanya kelainan di sel hati.

Nilai normal SGOT adalah 3-45 u/L, sedangkan nilai normal SGPT adalah 0-35 u/L (terdapat sedikit variasi dari nilai normal dan sangat tergantung dari laboratorium tempat pemeriksaan)

 

 

Untuk memastikan apakah terdapat gangguan fungsi hati diperlukan lagi pemeriksaan fungsi hati lainnya seperti bilirubin dan juga pemeriksaan antibodi hepatitis.

Hasil SGPT yang tinggi juga perlu diinterpretasi berdasarkan waktu pemeriksaan darah. Apakah Anda memeriksakan darah setelah beraktivitas tinggi? SGPT juga dihasilkan oleh sel otot, ginjal dan jantung. Peningkatan SGPT dapat terjadi karena adanya masalah pada organ hati, empedu, jantung.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik lengkap dan melakukan pemeriksaan lain menyangkut fungsi hati untuk memperkecil diagnosis karena diagnosis tidak dapat ditegakkan hanya berdasarkan hasil pemeriksaan SGPT dan SGOT.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar