Sukses

Bercak Coklat Pada Dada

13 May 2015, 19:24 WIB
Pria, 17 tahun.

dok, di dada saya ada bercak besar warna coklat gitu dok,, ini kenapa ya dok??? bahaya atau nggak dok??? dan gimana cara ngilanginnya ya dok??? trimakasih banyak sebelumnya ya dok,,

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bercak coklat yang muncul pada dada disertai keluhan gatal ketika berkeringat dapat disebabkan karena jamur atau karena peradangan di kulit (dermatitis). Jamur atau dalam dunia medis dikenal dengan nama Tinea Corporis dapat menyerang daerah yang lembab.

Selain Tinea, penyebab lain yang dapat dipikirkan adalah pitiriasis versikolor atau yang dikenal oleh awam dengan sebutan panu. Pitiriasis versikolor disebabkan oleh jamur malassezia furfur. Keluhannya adalah bercak baik hipopigmentasi (berwarna lebih terang dari kulit sekitar), kemerahan, atau dapat hiperpigmentasi (lebih gelap dari sekitarnya).

Penyebab lain yang dapat dipikirkan juga adalah dermatitis atau peradangan pada kulit. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung ke dokter umum atau dokter spesialis kulit dan kelamin karena penyakit kulit mudah didiagnosa apabila dilihat secara langsung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar