Sukses

Tinea Corporis Di Punggung dan Leher

13 May 2015, 18:41 WIB
Pria, 19 tahun.

dok, saya punya masalah di kulit punggung dan leher, terdapat bercak putih dan terkadang kemerahan, saya sebelumnya sudah periksa di sebuah klinik dan dokternya bilang ini adl tinea yg disebabkan oleh keringat yg berlebihan yg mengandung jamur, saya diberi obat 4 jenis dan juga salep hidrocortison dan micronazol tapi sampai sekarang belum juga hilang, dan saya coba browsing mengenai tinea tsb, dan hampir persis bentuknya sprti tinea corporis. saya mau konsultasi bgm cara nya biar sembuh atau mungkin obat yg bisa menyembuhkan, krn saya terganggu dlm penampilan dan trkdng jg terasa gatal. mohon bantuannya, terima kasih dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Infeksi jamur pada kulit umumnya disebut dengan tinea. penamaannya akan diklasifikasikan kembali berdasarkan letaknya, jika dibadan disebut tinea corporis.

Kulit yang lembab merupakan suasana yang baik untuk pertumbuhan kuman dan jamur. Gejala dari infeksi jamur adalah gatal, berbau, lembab, kulit mudah iritasi/kemerahan.

Bagaimana cara mencegah infeksi jamur?

  • Mandi minimal 2 kali sehari dan bersihkan daerah lipatan setiap hari dan kemudian dikeringkan dengan kain kering. 

  • Gunakan pakaian berbahan katun atau yang menyerap keringat.

  • Jangan menggunakan handuk bersama-sama dengan orang lain. Gunakan handuk bersih, cuci handuk sesering mungkin.

  • Jangan menggunakan pakaian atau celana dalam yang terlalu ketat

  • Menurunkan berat badan. Seseorang dengan berat badan lebih memiliki risiko terkena infeksi jamur lebih tinggi.

  • Segera mandi setelah melakukan aktifitas fisik yang membuat Anda banyak berkeringat

Pengobatan untuk jamur biasanya memang membutuhkan waktu agak lama, sekitar 2-4 minggu. Walaupun kulit telah kembali normal dan Anda tidak lagi mengalami gejala, pengobatan harus tetap dilanjutkan paling tidak hingga 2 minggu setelahnya, memang dibutuhkan kesabaran dan kedisiplinan dalam hal tersebut.  Untuk itu sebaiknya Anda tetap melanjutkan pemakaian obat yang dianjurkan dokter yang telah memeriksa anda dan kembali memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan evaluasi terapi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar