Sukses

Keguguran Karena Toksoplasma

13 Mar 2015, 11:41 WIB
Pria, 32 tahun.

dok saya mau tanya?istri saya pernah keguguran 2 kali..dan yg terakhir ketiganya lahir prematur dan meninggal, byk dari temen2 dan bidan yg menanggani dl untuk periksa torch/toksoplasma.apakah langkah ini yg kami hrs lakukn utk mendpt keturunan?dan klw periksa hanya istri saya ato saya jg diperiksa jg?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Toxoplasma gondii merupakan parasit yang dapat menginfeksi sebagian besar mamalia termasuk manusia. Parasit ini ditularkan melalui daging yang dimasak setengah matang atau mentah atau melalui kontak dengan kotoran hewan (kucing, anjing, kambing, domba, babi, dan lain-lain) yang terinfeksi.

Adanya antibodi IgG terhadap Toxoplasma gondii mengindikasikan adanya infeksi organisme ini pada masa lampau. Sementara IgM menunjukkan adanya infeksi baru oleh parasit ini. Bila Anda dahulu pernah terinfeksi toksoplasma maka kadar IgG toksoplasma Anda akan terdeteksi.

IgG pada fase awal infeksi tidak akan terdeteksi IgG baru dapat terdeteksi setelah satu - dua minggu setelah infeksi. Puncaknya akan dicapai pada 6 - 9 minggu dan kemudian akan menurun secara bertahap dalam waktu bulanan atau bahkan tahunan. Nilainya sendiri tidak berhubungan dengan parahnya penyakit.

Sementara itu pada infeksi parasit ini, antibodi IgM akan segera terdeteksi. Nilai IgM akan mencapai puncak dalam satu sampai dua bulan setelah infeksi. Biasanya akan menghilang setelah beberapa minggu dan paling lama dapat ditemukan dalam 2 tahun.

Bila hasil IgM positif saat kehamilan harus diobati segera karena ditakutkan akan mengalami cacat janin.

Bila hasil tes yang Anda lakukan menunjukan IgG positif dan IgM negatif berarti Ibu pernah mengalami infeksi lebih dari satu tahun sebelum diperiksa dan saat ini sudah tidak terinfeksi. Meskipun sudah tidak berbahaya namun sebaiknya Anda tetap melakukan konsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Dokter spesialis Kandungan dan kebidanan Anda akan memberikan obat untuk mengobati sisa-sisa infeksi yang lalu. Jagalah kondisi tubuh Anda,  hindari kontak dengan unggas atau binatang terlalu sering, cucilah tangan sebelum makan. Infeksi tersebut dapat diobati.

Anda dapat tetap hamil sekalipun pernah terinfeksi toksoplasma.  Namun, jika Anda terinfeksi toksoplasma pada trimester pertama atau kedua kehamilan maka akan menyebabkan kelainan berat pada janin, seperti:

  • Kelainan sistemik, perdarahan, kuning, pembesaran hati dan limpa.
  • Kelainan saraf mata.
  • Gangguan sistem saraf pusat (gangguan kecerdasan dan keterlamabatan bicara).
  • Cacat bawaan, seperti pembesaran kepala (hidrosefalus).
  • Keguguran.

Sebaiknya memang istri Anda memeriksakan/skrining TORCH.

Berikut kami lampirkan artikel yang sekiranya bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar