Sukses

Orientasi Seksual

02 Apr 2015, 15:33 WIB
Pria, 20 tahun.

Apakah orientasi seksual seseorang bisa berubah? misalnya dari penyuka lawan jenis menjadi penyuka sesama jenis / sebaliknya? Faktor apa yang menyebabkan hal tersebut? Terima kasih atas jawabannya

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Untuk mengeksplorasi masalah yang mendasari terjadinya disfungsi seksual perlu ditinjau masing-masing dari sudut psikologis dan medis yang dapat mempengaruhi. Diantaranya adalah:

  • Faktor Psikologis : Keyakinan yang bersifat tabu, merasa terasing, konflik identitas seksual, rasa bersalah (misalnya pada janda dengan pasangan baru).
  • Konflik intrapersonal meliputi: Pengalaman dilecehkan (seksual, verbal, fisik), perkosaan, belum pernah mendapat pengalaman seksual.
  • Faktor sejarah meliputi: Konflik hubungan, perselingkuhan, baru saja mengalami pelecehan secara fisik, verbal atau seksual, libido seksual, perbedaan keinginan dengan pasangan, kurangnya komunikasi seksual.
  • Konflik interpersonal meliputi: Kondisi keuangan, keluarga atau masalah pekerjaan, penyakit atau kematian anggota keluarga, depresi.
  • Faktor Depresi dalam hidup / Stress
  • Faktor Medis : Menjelang masa menopause, kondisi payudara, elastisitas vagina berkurang, penurunan produksi lendir, penyakit medis (diabetes, hipertiroid, peradangan vagina, dan sebagainya).

Hubungan antar individu sesama jenis merupakan rasa ketertarikan romantis dan/atau seksual atau perilaku antara individu berjenis kelamin atau gender yang sama.  Saat ini, tidak ada kesepakatan ilmiah tentang faktor-faktor yang menyebabkan individu menjadi heteroseksual, homoseksual, atau biseksual -termasuk kemungkinan dampak biologis/hormonal, psikologis, lingkungan, atau sosial orientasi seksual orang tua. Lingkungan dikatakan memiliki pengaruh yang sangat besar. Faktor psikologis seperti kekecewaan yang mendalam terhadap pria atau ayah juga bisa menjadi faktor penyebab. 

Coba alihkan kebiasaan atau pikiran atau fantasi seksual antara sesama jenis. Coba alihkan kegiatan teman Anda dengan hal-hal yang lebih positif dan coba membuka diri untuk bisa mengenal dan menjalin hubungan dengan pria. Teman Anda harus bisa menghindari pergaulan-pergaulan yang mengarah pada lesbianisme. Anda dapat juga meminta bantuan dari dokter psikiater terkait kondisi yang teman Anda alami ini.

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat membaca artikel kami di bawah ini yang membahas disfungsi seksual pada wanita dan kesehatan seksual :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar