Sukses

Pengobatan Asma

14 Apr 2015, 20:31 WIB
Wanita, 22 tahun.
untuk menyembuhkan penyakit asma itu bagaimana dok?aktifitas saya dari senin sampai jumat bekerja diruang berAC, wkt untuk berolahraga kurang...jd selain menggunakan obat apa yg dapat mengurangi atau menyembuhkan penyakit asma... terimaksih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klidkokter

 

Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat di kontrol dengan tata laksana yang tepat.

Penyebab dari asma belum sepenuhnya dimengerti , beberapa zat atau bahan yang dapat mencetuskan timbulnya serangan adalah:

  • Benda-benda dalam ruangan (tungau debu rumah dalam kasur, karpet, dan perabotan kotor dan bulu binatang)
  • Benda-benda di luar ruangan (polusi, asap buangan pabrik)
  • Asap rokok
  • Refluks gastroesofagus (sering muntah)
  • Udara dingin, emosi yang berlebihan seperti marah atau ketakutan dan olahraga juga dapat mencetuskan serangan asma. Bahkan beberapa obat seperti aspirin dan obat anti inflamasi lainnya dan beta bloker juga dapat mencetuskan serangan.

 

Pastikan pasien menggunakan alat untuk terapi inhalasi yang sesuai. Secara umum, terdapat dua jenis obat dalam penatalaksanaan asma, yaitu obat pengendali (controller) dan pereda (reliever). Obat pengendali merupakan profilaksis serangan yang diberikan tiap hari, ada atau tidak ada serangan/ gejala, sedangkan obat pereda adalah yang diberikan saat serangan.

Pengobatan asma secara cepat/jangka pendek yaitu dengan menggunakan obat pelega saluran pernafasan seperti inhaler dan nebulizer yang berfungsi menghentikan serangan asma. Pengobatan jangka panjang yang berfungsi untuk mencegah terjadinya serangan asma adalah dengan menggunakan obat-obatan seperti steroid berfungsi untuk tetap membuat saluran pernafasan terbuka dan mengurangi pembengkakan.

Berikut, kami sertakan artikel 18 Cara Cegah Asma Kambuh, Pengetahuan Praktis Tentang Asma, dan Terlalu Sering Pakai Inhaler Memperparah Asma.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar