Sukses

Kutil Di Kelamin

06 Jan 2015, 20:12 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok, di bagian ujung kepala penis saya tumbuh bintil yg katanya adalah jengger ayam (kutil). Apa yg perlu saya lakukan?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran anda tentang penyakit anda. Kutil di kelamin atau dalam bahasa medis dikenal dengan kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Di kalangan awam kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam seperti yang anda keluhkan. 

Kutil pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan terapi yang pada prinsipnya adalah merusak jaringan kutil sehingga kutil akan hilang. Terapinya  antara lain dengan mengoleskan bahan bernama podifilin pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas, atau dengan menggunakan asam trikloroasetat. Pilihan terapi berupa tindakan seperti cryosurgery, laser, atau operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar juga dapat dilakukan. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun angka kekambuhannya cukup tinggi. Efektivitas masing-masing tata laksana sangat bergantung pada ukuran dan metode terapi yang dipilih.

Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Anda perlu memperhatikan agar melakukan hubungan seksual yang aman, tidak berganti-ganti pasangan, di dalam hubungan pernikahan dan menggunakan pengaman (kondom) agar tidak terkena kondiloma akuminata dan atau infeksi menular seksual lainnya.

Namun untuk dapat memastikan keluhan yang Anda rasakan saat ini, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung serta mendapatkan penanganan yang tepat. Kami sarankan pula untuk tidak menggunakan obat tanpa resep dan pengawasan Dokter agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,
Semoga dapat bermanfaat.
Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar