Sukses

Meningkatkan Nafsu Makan Anak

07 May 2015, 18:06 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter, baik atau tidak apabila bayi usia 7 bln di kasih curcuma plus setiap hari untuk meningkatkan nafsu makan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Agar terhindar dari bias promosi dan tetap menjaga kode etik kedokteran mengenai obat yang Anda tayakan kami tidak bisa menjawabnya di forum ini.

sebaiknya diketahui dulu penyebab dari kurangnya nafsu makan anak Anda. Pada umumnya anak sulit makan dikarenakan berbagai macam faktor. Berawal dari anak mulai mandiri dan merasa berhak untuk mengatur selera makannya sampai adanya gangguan atau kelainan pola makan.

Perhatikan juga, apakah anak Anda sering sakit? Anak yang sering sakit umumnya memang berkurang selera makannya. Bila anak sering sakit, ada baiknya periksa ke dokter anak, sebab bisa jadi ada proses yang sifatnya kronis, atau bisa juga ada masalah lain yang belum diketahui, misalnya ada suatu infeksi.

ika keseimbangan vitamin belum dapat dicapai dengan makanan yang sehari-hari dimakan, Anda dapat membantunya dengan memberikan suplemen multivitamin untuk anak. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir untuk memberikan suplemen multivitamin untuk anak Anda, jika Anda merasa bahwa asupan zat gizinya dinilai kurang dari makanan-makanan yang dikonsumsinya.

Namun, Anda perlu hati-hati dalam memberikan suplemen bagi bayi berusia dibawah 1 tahun. Gunakanlah suplemen multivitamin untuk anak dengan dosis yang disesuaikan untuk anak usia dibawah 1 tahun, bacalah petunjuk pemakaiannya. Anda tidak perlu menggunakan dua jenis suplemen jika kedua suplemen tersebut memiliki kandungan yang hampir sama. Karena itu, sebelum memberikan suplemen multivitamin untuk anak Anda, ada baiknya jika Anda membaca terlebih dahulu kandungannya dan cara pakainya.

Jika nafsu makan anak Anda sudah kembali, Anda dapat menghentikan penggunaan multivitamin karena kebutuhan vitamin anak Anda sudah cukup terpenuhi dari makanan yang dikonsumsinya sehari-hari. Kami sarankan untuk jenis vitamin yang tepat untuk anak coba konsultasikan dahulu dengan dokter spesialis anak.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar