Sukses

Bisul Di Dada

07 May 2015, 17:31 WIB
Wanita, 22 tahun.

sya mw tnya dok, di belhan dada sblh kanan sya trdapat benjolan sprti bisul, sifatx sllu tumbuh dtmpt itu lagi, apa kh itu brbhaya dok??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda terhadap keluhan yang Anda alami saat ini. Namun karena keterbatasan informasi dari data yang Anda berikan, Kami belum dapat melakukan diagnosa secara komprehensif dengan baik. Karena pemeriksaan yang holistik akan mempengaruhi hasil prognosis yang ada, seperti halnya meliputi kondisi:
  • - Berapa besar ukuran benjolan tersebut?
  • - Apa warna benjolan tersebut?
  • - Pada perabaan, benjolan teraba lunak / keras?
  • - Apakah benjolan tampak kemerahan dan bernanah?
  • - Apakah benjolan dapat digerakkan atau melekat pada jaringan di bawahnya?
  • - Apakah terdapat benjolan di tempat lain?
  • - Apakah disertai keluhan lain seperti demam, lemas, berat badan turun, keringat malam, dsb?

Untuk mendapatkan kepastian diagnosis dibutuhkan wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Untuk itu, Kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter terdekat.

Namun, jika memang yang Anda maksud adalah bisul, kami akan menjelaskan sedikit mengenai bisul yang dalam istilah kedokteran disebut dengan furunkel.

Pada umumnya bisul dimulai sebagai memerah, daerah tender. Seiring waktu, daerah itu menjadi tegas, keras, dan lembut. Akhirnya, pusat mendidih lembut dan menjadi penuh dengan melawan infeksi sel darah putih dari aliran darah untuk membasmi infeksi. Ini kumpulan sel darah putih, bakteri, dan protein dikenal sebagai nanah. Akhirnya, nanah dapat operasi dibuka atau secara spontan mengalir keluar melalui permukaan kulit. 

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Apabila keluhan ini sudah berulang, disarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar