Sukses

Peningkatan Asam Lambung

08 Dec 2014, 20:00 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok,dalam dua hari ini saya mengalami sakit di bagian kepala sebelah kanan hingga ke belakang dan selama seminggu ini juga saya mengalami sakit di ulu hati seperti maag tapi tidak mual.adakah hubungannya antara keduanya dok?terima kasih mohon jawabannya

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sakit ulu hati dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah sakit maag atau terkait asam lambung. Peningkatan asam lambung yang Anda alami dapat menyebabkan keluhan nyeri atau rasa tidak nyaman di perut yang disebut dispepsia. Dispepsia juga dapat disertai dengan gastritis atau peradangan atau iritasi pada dinding lambung.

Untuk mengetahui dengan pasti apakah terdapat peradangan atau perlukaan, diperlukan pemeriksaan endoskopi, yaitu memasukkan selang melalui mulut untuk melihat kondisi dinding lambung.

Pada orang yang mengalami keluhan akibat peningkatan asam lambung, maka sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, soda dan makanan yang banyak mengandung gas seperti beberapa jenis sayuran. Kebiasaan seperti merokok dan stress juga dapat  merangsang produksi asam lambung. Dan usahakanlah untuk selalu makan tepat pada waktunya setiap hari. 

Saat ini yang dapat Anda lakukan adalah mengadopsi pola makan gaya hidup yang sehat, selain juga terus berkonsultasi dengan dokter Anda. Pengobatan kondisi Anda dapat memakan waktu sebentar atau juga butuh waktu panjang, jangan putus asa dan komunikasikanlah kekhawatiran Anda dengan dokter Anda.

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat membantu menjelaskan kondisi Anda:

Dispepsia

Gastritis

Menghilangkan Kembung

Mencegah Kembung

Selain itu, menanggapi keluhan Anda mengenai cemas berlebihan, mungkin adaa baiknya Anda menemui dokter spesialis kesehatan jiwa. Gangguan cemas memang dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Jika Anda selalu diliputi ketakutan maka apapun aktivitas yang Anda lakukan, Anda akan mengalami keluhan-keluhan yang memberatkan Anda.

Dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater dapat membantu Anda mencari penyelesaian yang tepat untuk ketakutan Anda. Anda juga dapat mencoba  mengatasi kecemasan Anda  tanpa obat-obatan. Disamping akan meringankan biaya pengobatan, hal ini juga akan memberikan dampak yang lebih sehat bagi tubuh Anda. Mungkin Anda dapat mencoba beberapa tips untuk mengatasi n gangguan cemas yang Anda alami, seperti :

  • Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat mengalami kecemasa berlebihan atau serangan panik
  • Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya
  • Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut
  • Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan
  • Dll

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar