Sukses

Diet Untuk Hipertensi

08 Dec 2014, 20:06 WIB
Wanita, 21 tahun.

Malam Dok..! Sya mau nanya, Makanan apa saja yang paling berpengaruh untuk menurunkan tekanan darah tinggi? Terimakasih....

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Terdapat sebuah pola diet yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Panduan diet tersebut disebut DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension = Panduan Diet Untuk Mengendalikan Hipertensi).

DASH merupakan panduan diet hipertensi yang mencakup makanan-makanan dengan kadar lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total yang rendah serta kaya akan magnesium, kalium, kalsium, protein dan serat. Panduan diet hipertensi DASH menekankan konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan produk olahan susu yang rendah lemak. DASH menganjurkan konsumsi ikan, unggas, produk olahan gandum dan kacang-kacangan. Makanan-makanan seperti daging merah, makanan manis, dan minuman-minuman yang mengandung gula dikurangi.

Dengan mengurangi jumlah asupan sodium (garam) dan menjalankan panduan diet hipertensi DASH diharapkan dapat menurunkan level tekanan darah serta mengontrol perkembangan penyakit hipertensi.

Dalam panduan diet hipertensi DASH, kadar sodium (garam) yang direkomendasikan untuk dikonsumsi per hari adalah 1500-2400 mg atau 4-6 gram atau 2/3 hingga 1 sendok teh setiap hari dari seluruh makanan yang dikonsumsi. Kurangi makanan yang diproses, makanan kaleng, kripik kemasan. Kurangi makanan yang digoreng. Konsumsi banyak sayuran dan buah-buahan.

Dengan mengatur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi, penderita hipertensi dapat menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi dan mengendalikan serta mempertahankan tekanan darah dalam batas normal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Salam

 

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar