Sukses

Mengapa Kulit Wajah Merah Tanpa Sebab?

10 Dec 2014, 14:36 WIB
Wanita, 18 tahun.

Saya mau tanya kenapa kulit wajah saya sering merasa gatal dan meski tidak di garuk wajah saya memerah dan menimbulkan benjolan benjolan,apakah ini penyakit yang serius?

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Nampaknya, Anda memiliki jenis kulit sensitif.

Kulit sensitif bisa pula diartikan sebagai kulit yang tipis, mudah iritasi dan kadang kala berwarna kemerahan. Biasanya ditandai dengan mudah memerah atau meradang, sangat mudah berjerawat dan sering terasa gatal atau memerah jika terkena kosmetik atau perawatan kulit. Kulit jenis ini bisa jadi berminyak atau juga kering, namun kebanyakan sifatnya berminyak.

Perawatan kulit sensitif harus ekstra hati-hati. Sebaiknya selalu memperhatikan label produk perawatan kulit dan pilihlah produk yang diberi label ‘hypoallergenic’ atau produk khusus bagi kulit sensitif.

Pada orang yang memiliki kulit sensitif, masalah kulit bisa mudah terpicu dari pola makanan yang dikonsumsi. Seperti halnya ketika mengkonsumsi makanan pedas, kafein, rokok dan Niacin (vitamin B3). Timbulnya gangguan kulit kebanyakan disebabkan oleh asupan konsumsi tersebut memperbanyak aliran darah ke permukaan kulit, sehingga kulit menjadi merah. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya kemerahan pada kulit.

Bagaimana pun masih perlu diagnosis lebih lanjut oleh dokter untuk menyimpulkan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, maka hindarilah pemakaian produk dengan sembarangan. 

Kulit sensitif akan langsung bereaksi cepat ketika kulit bertemu dengan bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetika. Jika dibiarkan menahun, akan mengakibatkan wajah mengalami iritasi dan tidak mulus lagi. Waspadalah gejala terasa pedih pada kulit yang kemudian dilanjuti dengan munculnya bintik-bintik merah ketika setelah menggunakan kosmetik tertentu.

Untuk melengkapi pengetahuan seputar kulit sensitif, berikut beberapa hal yang dapat dijadikan pedoman:

  1. Analisis baik-baik tipe dan kandungan yang dimiliki oleh suatu produk perawatan kulit. Merk yang mahal  belum tentu menjadi standar jaminan kulit anda terbebas dari iritasi.

  2. Jagalah kebersihan kulit yang sensitif tetap sehat. Cucilah wajah secara teratur dengan menggunakan sabun khusus wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam kulit sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar