Sukses

Rokok Elektrik, Bahaya?

07 Dec 2014, 14:48 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter, bahaya mana rokok elektrik dengan rokok biasa?

 

Bapak/Saudara yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Salam sehat untuk Anda dan keluarga! Izinkan kami memberikan penjelasan untuk menjawab pertanyaan Anda. Kebiasaan merokok memang merupakan tantangan tersendiri bagi sang perokok, keluarga dan juga tenaga medis penolongnya. Kesulitannya terletak pada perilaku kebiasaan dan kecanduan yang terjadi pada mereka yang merokok.

Untuk berhenti merokok, sang perokok perlu memiliki niat/keinginan yang kuat dari dalam diri sendiri untuk berhenti merokok, karena perjalanan berhenti merokok itu sendiri membutuhkan proses yang tidak sebentar dan tidak mudah. Rokok elektrik hanya merupakan salah satu alat bantu untuk mendukung niat tersebut. Jika niat dari sang perokok kurang kuat, maka seringkali apapun alat bantunya, sang perokok cenderung akan gagal berhenti merokok.

Sebagai alat bantu untuk proses berhenti merokok, rokok elektrik mengundang banyak kontroversi. WHO sendiri memang belum menyatakan bahwa rokok elektrik aman untuk menjadi pengganti rokok tembakau karena belum adanya penelitian yang menyeluruh dan valid. Bahan-bahan kimia yang terkandung dalam rokok elektrik untuk menghasilkan asap masih belum dapat dipastikan keamanan dan efeknya terhadap kesehatan. Selain itu, rokok elektrik juga masih mengandung nikotin (meskipun kadarnya dapat diatur oleh pemakainya), sehingga tidak menyelesaikan masalah kecanduan nikotin pada para perokok. Namun, WHO tidak melarang penggunaan rokok elektrik sebagai salah satu alat bantu dalam proses berhenti merokok.

Secara umum, penggunaan rokok elektrik sebenarnya mengurangi efek kesehatan negatif yang disebabkan oleh rokok tembakau karena asap rokok yang dihisap bukan dari bahan-bahan rokok tembakau. Namun, penggunaan rokok elektrik tidak banyak membantu mengatasi kebiasaan merokok dan kecanduan nikotin karena perokok tetap mempertahankan aktivitas/perilaku merokok. 

Jika anggota keluarga Anda berkeinginan untuk mengatasi kebiasaan merokok, kami sarankan keluarga Anda datang ke klinik yang menyediakan layanan berhenti merokok. Dokter akan memberikan layanan konseling untuk mendukung perubahan perilaku dan memberikan obat (misal: varenicline) untuk membantu mengatasi kecanduan nikotin. 

Berikut ini kami sertakan informative slides kami:

Kandungan Kimia pada Rokok

Tips Berhenti Merokok

Stop Merokok!

Berhenti Merokok

Rokok Elektronik, Antara Solusi dan Masalah

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,                                       

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar