Sukses

Perut Tidak Nyaman dan Ascites
08 Des 2014, 17:12 WIB
Wanita, 30 tahun.

hasil rontgen abdomen tidak ada kelainan, dokter mendiagnosa gangguan pencernaan, Kemudian saya periksa ke dokter kandungan di suruh USG, hasil USG terdapat asites. diagnosa dokter Kista. Kemudian periksa lagi ke dokter Kandungan lebih Senior, ternyata bukan kista, menurut dokter TBC Perut. Dulu pernah Rontgen paru-paru, hasil rontgen normal. Sekarang dokter suruh Tes MANTOUX untuk mengetahui TBC atau bukan? Menurut dokter, apakah penyakit saya ini ? Terima kasih.

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatirn yang Anda rasakan. Namun, keluhan yang Anda sampaikan tidaklah spesifik dan banyak penyakit yang dapat menyebabkan keluhan Anda. Nyeri daerah perut, ascites dapat disebabkan oleh berbagai penyakit, dan benar salah satunya adalah TB perut. Namun tentu untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan lanjutan dan pemeriksaan langsung oleh dokter. Diagnosis TB perut tidak dapat ditegakkan hanya dengan pemeriksaan sederhana saja, namun membutuhkan pemeriksaan yang teliti secara langsung oleh dokter.

Begitu banyak penyebab lain yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut. Posisi perut terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, dan usus. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut kiri bawah. Apabila nyeri tersebut berasal dari nyeri lain, misal: asalnya nyeri pinggang kiri yang menjalar ke perut kiri, maka ada kemungkinan terdapat gangguan pada saluran kemih. Namun, apabila pemaparan Anda bahwa disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan misalkan dapat terjadi IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). Namun, penyakit ini baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (X-ray tanpa kontras atau dengan kontras). Namun jarang keluhan yang saya sampaikan dapat menyebabkan ascites atau adanya air pada rongga perut.

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis yang mendetil untuk informasi lengkap dan pemeriksaan fisik untuk menunjang diagnosis. Dengan demikian pasangan Anda bisa mendapatkan penanganan yang optimal dengan segera.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar