Sukses

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Kecelakaan?

11 Dec 2014, 07:32 WIB
Wanita, 25 tahun.

dokter, Jum'at kemarin saya mengalami kecelakaan dari motor. Alhasil muka dan tangan kanan saya luka. Tangan kanan saya mengalami bengkak sehingga hal pertama yg saya lakukan adalah mengompres es, mengistirahatkan, melakukan pembebatan dan meninggikan posisi saat tidur. masalahnya sampai skr bengkak masih ada dan setelah saya amati ternyata posisi tangan sedikit bengkok dr posisi lengan, tp masih bisa digerakkan walapun sangat sakit. Pertanyaannya apa yg harus saya lakukan dokter? apakah nanti perlu adanya pemijatan setelah kondisi tangan sembuh? seperti yg disarankan orang2, lalu apakah tangan ini sudah mengalami dislokasi sendi? bagaimana penanganan selanjutnya? terimakasih

 

Bapak/Ibu/Saudara/Saudari yang terhormat,
 
 
Terima kasih telah menggunakan layanane-konsultasi KlikDokter.
 
 
Kami turut prihatin dengan apa yang menimpa Anda. 
 
Apakah saat ini terdapat keluhan lain selain dari bengkak? 
Pada kasus kecelakaan (trauma), banyak informasi yang diperlukan seperti bagaimana posisi jatuh, bagaimana keleluasaan gerak setelah jatuh, dan bagaimana luka yang terjadi dan lokasi tepatnya. Seperti dalam kasus Anda, perlu diketahui lokasi tepat bengkak, loksai tepat bengkok, dan derajat nyeri yang saat ini dialami. Selain bagian luar tubuh, juga perlu diketahui kondisi bagian dalam seperti tulang. Ini memerlukan pemeriksaan rontgen untuk mengetahui apakah bengkak disebabkan karena radang jaringan lunak (otot, ligamen) atau ada masalah pada tulang (retak atau patah).
 
Maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik dan rontgen untuk diketahui kondisi dan keparahannya sehingga mendapat penanganan segera. Jika terjadi patah tulang, maka harus segera ditangani agar tidak menyebabkan proses penyembuhan yang terganggu atau nantinya menyebabkan gangguan gerak yang permanen. Pemijatan tanpa mengetahui kondisi tulang, sendi, dan otot dapat menyebabkan komplikasi sehingga sebaiknya dihindari jika belum diketahui kondisi dasar.
 
Semoga Anda cepat pulih!

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam sehat selalu,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar