Sukses

Gigi Berlubang dan Geraham Bungsu

08 Dec 2014, 10:01 WIB
Pria, 18 tahun.

asslmkum. Dok, saya ada keluhan mengenai gigi saya. Gigi saya ini sudah berlubang dan sangat besar sehingga sudah kelihatan dagingnya. Menurut dokter tindakan yang harus saya ambil apa ya? Lalu mengenai graham belakang saya. Graham yang katanya trakhir tumbuh ini tidak muncul sempurna. Jika dibandingkan dengan kebanyakan orang yang ketika graham ini tumbuh mereka akan merasa sakit tapi saya tidak. Tanggapan dokter gimana ya?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi gigi Anda yang berlubang.  Gigi yang berlubang memang tidak boleh dibiarkan tanpa mendapakan perawatan dari dokter gigi, karena dapat berdampak serius bagi kesehatan gigi itu sendiri dan kesehatan tubuh. Perawatan yang diperlukan pada gigi Anda tentu saja baru dapat ditentukan ketika sudah dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. Kondisi yang Anda alami ini dapat diarahkan pada suatu keadaan gigi berlubang yang disertai polip. 

Sebaiknya segera periksakan gigi Anda, Apabila gigi masih dapat ditambal maka akan dilakukan perawatan penambalan atau perawatan saluran akar gigi sebelumnya, namun bila sudah tidak dapat ditambal atau dilakukan perawatan lainnya maka gigi akan dicabut. Sebaiknya segera lakukan perawatan pada gigi Anda didokter gigi agar dapat memperkecil resiko yang mungkin terjadi akibat gigi berlubang tersebut.

Gigi geraham bungsu atau molar tiga tumbuh paling akhir dan terletak paling belakang.  Sangat banyak kasus-kasus gigi molar tiga tumbuh bermasalah seperti terhalang tulang (impaksi) atau tumbuh dengan posisi yang tidak benar seperti miring dan lainnya. Pada sebagian besar kelainan pertumbuhan menyebabkan timbulnya rasa sakit luar biasa hingga tidak dapat membuka mulut, atau ada juga yang tidak timbul keluhan sama sekali. Terdapat juga gigi molar tiga  yang hanya tumbuh sebagian sehingga gusinya juga terbuka sebagian dan membentuk celah. Adanya celah ini menyebabkan makanan mudah terjebak dan sulit  dibersihkan hingga seringkali gusi di daerah mahkota gigi yang baru tumbuh sebagian tersebut bengkak dan sakit sekali.

Hingga saat ini masih terdapat perdebatan di antara para ahli, apakah gigi molar tiga yang impaksi (gigi geraham bungsu yang tidak dapat tumbuh secara normal) tanpa keluhan seperti pada kasus Anda perlu dicabut atau dibiarkan saja. Menurut suatu penelitian, sekitar 25-70 persen gigi molar tiga tanpa gejala yang dipertahankan, akhirnya tetap harus dicabut dikemudian hari. Dari penelitian lain menyatakan gigi molar tiga yang dicabut tidak akan menimbulkan masalah dan pasien akan tetap memiliki fungsi pengunyahan yang normal.

Walaupun persentase kejadiannya rendah, kista atau tumor dapat tumbuh di sekitar gigi molar tiga yang terbenam dalam gusi dan tulang yang tidak diambil. Oleh karena itu pertimbangan pencabutan gigi molar tiga yang tidak disertai gejala apapun terkadang didasarkan atas pertimbangan pencegahan. Meski demikian operasi pencegahan ini belum menjadi kesepakatan secara umum di kalangan ahli bedah mulut. Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin, hingga apabila terjadi sesuatu dapat terdeteksi sedini mungkin.

Berikut artikel yang dapat Anda baca terkait pertanyaan Anda.

Rupa-rupa Tambalan Gigi

Gigi berlubang, Jangan Takut Bor

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Penyebab Gigi Berlubang?

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar