Sukses

Sulit Tidur dan Mengigau

10 Dec 2014, 12:58 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, kakek saya merasa gelisah pasca operasi prostat. tidak bisa tidur selama 4 hari, dan kadang mengigau. apakah kodisi seperti ini masih normal? dan apakah gelisahnya bisa sembuh total? terima kasih. salam.

 

Bapak/Ibu/Saudara/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Salam kami untuk Kakek Anda!

 

Mengigau lazim terjadi pada 50% anak-anak dan biasa lazim terjadi pada 5% pasien dewasa. Kebanyakan tidak berbahaya dan merupakan kondisi wajar dan seringkali melibatkan faktor keturunan. Namun, dapat juga berupa suatu gangguan medis yang serius, atau merupakan efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu. Harapan-harapan yang belum tercapai terkadang juga dapat membuat sesorang menjadi gelisah dan menimbulkan gejala berupa mengigau. Apakah kakek Anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu saat ini? 

 

Bila terlalu sering dan dirasakan sangat mengganggu, kami sarankan agar berkonsultasi dengan dokter kembali untuk mengetahui apakah ada kaitan antara penanganan operasi dengan keluhan ini atau hal ini merupakan keluhan terpisah. Akan sangat membantu agar kakek Anda memiliki jurnal tidur selama 2 minggu yang berisi pola tidur (waktu tidur dan waktu bangun), kapan mulai mengigau, apa isinya, berapa kali dan berapa lama mengigau untuk diberitahukan kepada dokter. Hal-hal ini mungkin bisa ditanyakan kepada orang/keluarga yang melihat tidurnya ataupun dengan memasang alat perekam selama tidur. Informasi ini akan membantu dokter untuk mencari penyebab permasalahan mengigau dan sulit tidur.

 

Semoga kakek Anda sehat selalu!

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

(Redaksi KlikDokter)

0 Komentar

Belum ada komentar